Liga Spanyol

Pujian Setinggi Langit dari Legenda Kiper Portugal untuk Ter Stegen

Jumat, 8 Maret 2019 15:16 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© INDOSPORT
Marc-Andre ter Stegen berselebrasi. Copyright: © INDOSPORT
Marc-Andre ter Stegen berselebrasi.

INDOSPORT.COM - Legenda kiper asal Portugal, Vitor Baia, menyebut bintang Barcelona, Marc-Andre ter Stegen, sebagai kiper terbaik saat ini di LaLiga Spanyol.

Ter Stegen diboyong oleh Barcelona dengan mahar 12 juta euro atau sekitar 190 miliar rupiah dari Borussia Monchengladbach pada tahun 2014 silam. Sejak saat itulah, karier penjaga gawang 26 tahun tersebut pun meroket. 

Walau sempat diragukan bisa tampil maksimal bersama Barcelona, dia nyatanya mampu membuktikan kualitasnya. Dia mampu menjadi kiper utama Blaugrana meski pesaingnya adalah Jasper Cillessen yang juga berkualitas.

Rentetan gelar prestisius, seperti satu trofi Liga Champions, tiga trofi La Liga dan tiga Copa Del Rey berhasil ia raih selama berseragam Blaugrana.

Vitor Baia pun mengagumi sosok kiper asal Jerman itu. Baginya, Ter Stegen pantas menyandang gelar kiper terbaik di LaLiga Spanyol karena serbabisa dan sempurna.

"Bagi saya Marc-Andre ter Stegen kiper paling serbabisa saat ini. Ia mendominasi setiap fase permainan, baik menyerang atau bertahan," papar Vitor Baia dalam rilis dari LaLiga yang INDOSPORT.COM terima.

"Ia tenang dan sabar ketika menguasai bola dan ia dapat menguasai teritorialnya dengan baik. Ia juga sangat baik ketika berhadapan satu lawan satu. Ia adalah seorang kiper yang sempurna," ujar Vitor Baia yang pernah membela FC Porto dan FC Barcelona. 

Berkat performanya yang apik ini, nilai jual ter Stegen pun melonjak berkali-kali lipat dari harga yang harus dikeluarkan oleh Barcelona. Berdasarkan Transfermarkt, Ter Stegen saat ini memiliki harga sebesar 80 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun.

Penulis: Neneng Astrianti

Ikuti Terus Berita Sepak Bola LaLiga Spanyol dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM