Liga Indonesia

Berkelas! Markas Anyar Perseru Serui Ditanami Rumput Berstandar FIFA

Minggu, 10 Maret 2019 14:20 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Skuat Perseru Serui. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Skuat Perseru Serui.

INDOSPORT.COM - Calon markas anyar klub sepak bola Perseru Serui, yakni Stadion Sumpah Pemuda PKOR Way Halim, Lampung ternyata sudah mulai ditanami rumput berstandar FIFA.

Rumput yang dimaksudkan adalah zoysia matrella. Penanaman rumput tersebut dibenarkan langsung oleh salah satu pekerja, Aryo. Bahkan pergantian runput telah dilakukan sejak Rabu (06/03/19) kemarin.

"Tadinya rumput liar biasa, terus diobati sama dikupas, diganti sama rumput ini (zoysia matrella)," ujar Aryo seperti dilansir Lampung Geh, Kamis (07/03/19).

Meski begitu, sambung Aryo, rumput yang lama tidak dibuang pasca diganti tetapi akan dimanfaatkan kembali dengan menanamnya dipinggir-pinggir lapangan sepak bola.

"Kira-kira dua minggu selesai. Kerjanya mulai 07.30 WIB sampai 17.00 WIB. Yang kerja ada 24 orang," papar Aryo, yang menjelaskan proses waktu pengerjaan rumput.

© Istimewa
Stadion Sumpah Pemuda PKOR Way Halim, Lampung Copyright: IstimewaStadion Sumpah Pemuda PKOR Way Halim, Lampung

Rumput zoysia matrella memiliki kriteria yang mampu merambat, rapat menutup tanah, berusia tahunan, tahan injakan, serta membentuk jaringan di bawah daun dan di atas akar. Hal inilah yang menjadi rekomendasi FIFA (induk tertinggi sepak bola dunia).

Sederet stadion internasional di dunia telah menggunakan rumput jenis ini. Termasuk Stadion Utama Gelora Bung Karno, Maguwoharjo, Gelora Bandung Lautan Api, Wibawa Mukti, dan Patriot Candrabhaga.

Terus Ikuti Update Perseru Serui dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.