Bola Internasional

Hadapi PSM Makassar, Lao Toyota Pernah Terlibat Match Fixing

Rabu, 13 Maret 2019 09:30 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola Laos, Lao Toyota FC, pernah terlibat kasus match fixing atau pengaturan skor di ajang Piala AFC.

Kasus tersebut terjadi pada edisi 2015 dan 2016 ketika Badan pengawasan AFC (ECB) menetapkan Lao Toyota secara langsung dan atau tidak langsung terlibat dalam pengaturan skor.

“ECB menetapkan Lao Toyota FC terlibat aktivitas yang bertujuan mengatur atau mempengaruhi hasil akhir pertandingan pada Piala AFC 2015 dan 2016,” ungkap AFC seperti dilansir dari Euronews.

Akibatnya, klub yang baru berdiri selama enam tahun itu mendapatkan hukuman cukup berat berupa larangan bertanding di Piala AFC 2018. AFC juga telah membekukan 22 pemain dan ofisial tim dari Laos dan Kamboja karena kasus pengaturan skor pada awal 2017.

Di Piala AFC 2015 dan 2016, Lao Toyota terhenti di babak penyisihan grup sebagai juru kunci. Dua musim setelahnya, mereka selalu gagal lolos dari kualifikasi.

Pertandingan babak penyisihan Grup H Piala AFC 2019 antara PSM Makassar vs Lao Toyota akan berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, pada Rabu (13/3/19) sore nanti.

Dalam laga pembuka, kedua tim sama-sama meraih hasil imbang. PSM ditahan Home United (Singapura) 1-1, begitu pula Lao Toyota yang bermain seri 1-1 saat menjamu Kaya FC (Filipina).

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Piala AFC dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT