Liga Indonesia

Jadi Tuan Rumah Piala Presiden, 3 Klub Ini Sempat Gagal Lolos ke Perempatfinal

Sabtu, 16 Maret 2019 15:55 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Piala Presiden 2019
Jadi Tuan Rumah Piala Presiden, 3 Klub Ini Sempat Gagal Lolos Perempatfinal. Copyright: © Piala Presiden 2019
Jadi Tuan Rumah Piala Presiden, 3 Klub Ini Sempat Gagal Lolos Perempatfinal.

INDOSPORT.COM - Kompetisi pra musim sepak bola Indonesia, Piala Presiden 2019 ternyata pernah membuat tiga klub yang menjadi tuan rumah ini gagal lolos ke perempatfinal.

Piala Presiden pertama kali dihelat pada 2015 lalu, usai dicabutnya pembekuan larangan mengadakan kompetisi oleh FIFA kepada Indonesia.

Hingga kini, Piala Presiden telah digelar sebanyak empat kali. Jumlah peserta hingga hadiahnya pun tiap tahunnya bertambah.

Beberapa stadion sempat dijadikan tuan rumah untuk menggelar pertandingan dengan sistem grup terlebih dulu. Menjadi tuan rumah tentu memiliki keuntungan tersendiri.

Lantaran bakal didukung penuh oleh suporter setia sekaligus menghemat biaya menginap di hotel. Apalagi gelaran Piala Presiden juga menguntungkan pedagang sekitar stadion.

Meski begitu ternyata ada klub yang telah bertindak sebagai tuan rumah tetapi malah gagal lolos ke babak perempatfinal. Kira-kira siapa saja, ya?

1. Persib Bandung

© Arif Rahman/Indosport.com
Starting eleven Persib Bandung menghadapi Persebaya. Copyright: Arif Rahman/Indosport.comStarting eleven Persib Bandung menghadapi Persebaya.

Klub pertama yang apes ketika menjadi tuan rumah adalah Persib Bandung. Di mana dalam dua edisi, yakni 2018 dan 2019 gagal lolos ke babak perempatfinal.

Pada Piala Presiden 2018 lalu, Persib Bandung mendaftarkan Stadion Gelora Bandung Lautan Api untuk bertindak sebagai tuan rumah.

Tetapi Persib Bandung gagal lolos ke perempatfinal usai menang sekali dan kalah dua kali. Hanya tiga poin saja yang dihasilkan Maung Bandung saat itu.

Kini di Piala Presiden 2019, Persib kembali menjadi tuan rumah dan menunjuk Stadion Si Jalak Harupat. Prestasi Persib kali ini hanya mengulang edisi tahun lalu.

2. PSS Sleman

© Twitter/@PSSleman
Skuat PSS Sleman kala peluncuran jelang Liga 2 2018. Copyright: Twitter/@PSSlemanSkuat PSS Sleman kala peluncuran jelang Liga 2 2018.

Kemudian ada PSS Sleman yang juga bernasib kurang baik ketika tampil di Piala Presiden dan bertindak sebagai tuan rumah. Karena sempat gagal lolos ke babak perempatfinal.

Edisi pertama terjadi ketika di Piala Presiden 2017 lalu. PSS Sleman yang menunjuk Stadion Maguwoharjo untuk menjadi tuan rumah.

Akan tetapi pada Piala Presiden 2017 lalu, PSS Sleman hanya mampu bermain seri selama tiga pertandingan. Berbeda dengan Piala Presiden 2019.

PSS Sleman gagal lolos ke perempatfinal usai hanya sekali meraih kemenangan dan dua kali menelan kekalahan.

3. Bali United

© Instagram Irfan Bachdim
Skuat Bali United. Copyright: Instagram Irfan BachdimSkuat Bali United.

Terakhir ada Bali United yang juga sempat bertindak sebagai tuan rumah dan menggunakan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar di Piala Presiden.

Bali United sempat gagal lolos ke babak perempatfinal pada 2017 lalu. Lantaran Bali United hanya bisa bermain seri dua kali dan kalah sekali.

Kini, Bali United juga dipastikan gagal lolos meskipun finis sebagai runner-up di Grup B. Skuat Serdadu Tridatu kalah agresifitas gol dari Arema FC, Tira Persikabo dan Madura United untuk meloloskan diri sebagai salah satu dari tiga runner-up terbaik.

Terus Ikuti Update Piala Presiden dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.