Liga Indonesia

3 Alasan Persija Harus Merelakan Gelar Juara Piala Presiden 2019

Minggu, 17 Maret 2019 17:49 WIB
Editor: Juni Adi
© Ronal Seger Prabowo/INDOSPORT
Situasi pertandingan PSS Sleman vs Persija Jakarta. Copyright: © Ronal Seger Prabowo/INDOSPORT
Situasi pertandingan PSS Sleman vs Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Penampilan Persija Jakarta di Piala Presiden 2019 ini cukup menjanjikan. Sebab, dari empat laga yang sudah dilakoni di Grup D, mereka belum sekalipun merasakan pahitnya kekalahan.

Alhasil skuat Macan Kemayoran pun lolos secara otomatis ke perempatfinal, setelah menjuarai Grup D dengan torehan 7 poin, hasil dari tiga kali menang, satu kali imbang, dan belum sekalipun kalah.

Lolos ke fase gugur, membuat Persija Jakarta berpeluang mengulang prestasi edisi tahun lalu dimana mereka keluar sebagai juara, usai mengalahkan Bali United dengan skor 3-0.

Meski berpeluang mengulang sukses, namun ada baiknya Persija tidak kembali mengejar status juara bertahan karena beberapa alasan yang dirangkum oleh INDOSPORT ini:

1. Fokus ke Piala AFC 2019

Persija Jakarta jadi salah satu klub Liga 1 yang mempunyai jadwal padat, di awal musim ini. Bagaimana tidak, tim besutan Ivan Kolev itu harus dihadapi dua kompetisi berbeda, yang jadwal mainnya hanya selang beberapa hari yakni Piala Presiden 2019 dan Piala AFC 2019.

Hal tersebut membuat Persija wajib memilih fokus ke salah satu kompetisi, dan Piala AFC 2019 adalan pilihan tepat. Sebab, menjuarai Piala Presiden 2019 mereka sudah pernah merasakannya di tahun 2018.

Sedangkan berprestasi di level Asia dalam kompetisi resmi AFC, belum ditorehkannya. Musim lalu, Persija mampu melaju hingga babak semifinal Piala AFC zona ASEAN. Namun sayang, langkahnya terhenti karena takluk dari Home United.

2. Menghindari Cedera

Piala Presiden 2019 sejatinya tidaklah perlu disikapi serius oleh sejumlah tim termasuk Persija Jakarta, dalam keikutsertaannya dengan menurunkan kekuatan terbaik, karena ini hanya turnamen pramusim. Hal tersebut juga untuk menghindari cedera dan menjaga kondisi fisik para pemain.

3. Fokus Mempertahankan Gelar Liga 1

Merelakan gelar juara Piala Presiden 2019 dengan hanya bertahan hingga babak perempatfinal, nantinya juga akan menjadi berkah tersendiri untuk Persija.

Sebab, mereka berpeluang fokus membenahi performa tim sebelum kompetisi yang sesungguhnya yakni Liga 1 2019 dimulai pada Mei mendatang. Apalagi Persija adalah jawara musim lalu, dimana mempertahankan akan lebih sulit daripada meraihnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%