Liga Indonesia

Ranking AFC Persija Naik, Ini Dampak Positif untuk Indonesia

Senin, 18 Maret 2019 16:51 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Yuhariyanto/indosport.com
Logo Persija Jakarta Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/indosport.com
Logo Persija Jakarta

INDOSPORT.COM - Klub Persija Jakarta baru saja dinobatkan sebagai klub terbaik Indonesia di kawasan Asia. Hal ini berdasarkan pada perhitungan peringkat klub-klub asal Benua Asia yang dikeluarkan oleh AFC per 13 Maret 2019 lalu.

Dari tiga wakil Indonesia yang masuk dalam daftar ini, Tim Macan Kemayoran menjadi klub asal Indonesia dengan peringkat terbaik dalam daftar ini.

Dilansir dari laman resmi klub, juara Liga 1 2018 itu berada di rangking ke 83. Naik 30 peringkat dari November 2018. Ini merupakan sebuah rekor bagi klub Indonesia.

Persija memperbaiki peringkat wakil Indonesia yang sebelumnya tidak pernah menembus 100 besar dalam daftar ini.

Sekadar informasi, penilaian ranking ini dihitung dengan sistem poin berdasarkan performa klub di kompetisi antar klub Asia dalam empat tahun terakhir (berbobot 90 persen).

Tak hanya itu faktor ranking FIFA dari federasi yang menaungi klub tersebut juga menjadi aspek pendukung (berbobot 10 persen). 

Hal ini ternyata berdampak positif bagi Indonesia. Seperti yang kita ketahui, poin Persija di AFC tahun 2018 ini adalah 6,33. Poin ini didapatkan berkat Persija yang lolos ke babak semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018 lalu. 

Memasuki musim 2019, Macan Kemayoran sudah mencapai 5,33 poin. Persija sendiri sejauh ini baru menjalankan laga di fase grup. JIka ditotal dengan perolehan musim lalu, maka total poin Persija adalah 12, 87 poin. 

Persija menjadi penyumbang poin tertinggi di samping PSM Makassar yang telah mengoleksi 3,54 sejauh ini. Perjuangan kedua tim di ajang Piala AFC musim ini sangat krusial.

Mengapa? karena posisi Indonesia saat ini sedang kritis di mana terlempar dari 12 besar ranking Asia Timur sebagai syarat terakhir dapat jatah play off Liga Champions Asia dan tiket langsung ke Piala AFC. 

Jika musim depan ingin mendapatkan slot yang sama, maka Persija dan PSM harus berjuang masuk ke-12 besar.  Indonesia saat ini masih ada di peringkat 13 di bawah Myanmar. 

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM