Liga Indonesia

PSSI Bocorkan Pemain Garuda Select Diincar Klub Inggris

Rabu, 20 Maret 2019 16:58 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
© instagram.com/sutandiegozico
Skuat Garuda Select di sela-sela latihan. Copyright: © instagram.com/sutandiegozico
Skuat Garuda Select di sela-sela latihan.

INDOSPORT.COM - Sepak terjang pesepakbola muda Indonesia yang tergabung di tim Garuda Select yang tengah menjalani latihan di Inggris ternyata menarik perhatian banyak pencari bakat.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha mengatakan ada klub Ingrris yang sudah secara resmi berkirim surat ke PSSI, meminta izin agar salah satu pemain Garuda Selection bisa mengikuti trial di klub tersebut.

"Belum tentu (dikontrak) karena begini, yang dinamakan trial secara resmi mereka harus mengirim surat ke federasi, sampai saat ini baru ada satu pemain yang medapat surat pemanggilan trial yang secara resmi. Namun mereka baru bisa melalukan secara resmi pada usia 18 tahun," katanya.

"Jadi, intinya mereka harus kembali di Indonesia, harus berkompetisis di elite pro academy U-18, dan Insya Allah akan terbuka pengalamannya selama di sana," imbuh Tisha.

Saat disinggung pemain yang mendapat tawaran trial, Ratu Tisha masih merahasiakannya, begitu pula terkait identitas klub peminat.

PSSI masih belum bisa memberikan izin secara resmi, menginggat para pemain Garuda Select masih berada di bawah 18 tahun (pemain profesional) dan masih harus menyelesaikan sekolahnya yang ditinggalkan selama beberapa bulan berada di Inggris.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sekjen PSSI, Ratu Tisha saat perkenalkan Simon McMenemy kepada awak media. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSekjen PSSI, Ratu Tisha.

"Saya tidak bisa memberi tahu. Tapi intinya selama bermain di Inggris,  banyak talet scouting yang melihat dan mengontak PSSI untuk meminta data-data anak-anak tersebut lebih lanjut," tuturnya.

"Namun demikian, enggak boleh lupa anak-anak ini harus berkompetisi sebelum mereka berpindah ke usia 18 tahun. Mereka harus pulang terlebih dahulu dan yang paling penting sekolahnya harus lulus," imbuh Tisha lebih detail.

"Karena akan ada dua anak yang akan menyongsong ujian nasional yaitu David Maulana dan Sandi Arta Samosir. Makanya mereka harus pintar-pintar mengatur karena sekolah yang utama," tambahnya.

Saat ini ada 24 pemain Indonesia berusia di bawah usia 17 tahun yang mendapat pelatihan dengan standar Eropa, baik di dalam dan di luar lapangan, di Inggris, selama enam bulan.

Legenda Chelsea, Dennis Wise ditunjuk sebagai direktur program, dan Des Walker bakal menjadi pelatih dari tim Garuda Select ini.

Para pemain tersebut didampingi empat pelatih antara lain Bima Sakti, Gde Mahatma, Ilham Romadona, dan Sopian Hadi.

Ikuti terus Berita Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
100%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%