Bola Internasional

Tak Diakui PBB, 9 'Negara' Ini Justru Kantongi Keanggotaan Resmi FIFA

Kamis, 21 Maret 2019 14:59 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Getty Images
FIFA. Copyright: © Getty Images
FIFA.

INDOSPORT.COM - Sepakbola merupakan olahraga paling populer di muka bumi ini. Bagaimana tidak, puluhan juta pasang mata dimanjakan dengan keahlian para pemain dalam mengolah si kulit bunda.

Alhasil hampir tiap negara di dunia ini memiliki tim nasional sepak bola. Tim-tim nasional ini pun berada di bawah naungan FIFA.

Namun patut dicatat, walau diakui FIFA, banyak dari negara-negara ini tidak memiliki keanggotaan di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), bahkan kerap disebut negara 'tidak berwujud'. 

Padahal, di Eropa ada aturan bahwa salah satu syarat untuk sebuah negara diakui oleh UEFA adalah berbasis di negara merdeka dan diakui oleh mayoritas anggota PBB.

Hal ini merujuk pada statuta UEFA Pasal 3 ayat 5 yang menyebutkan bahwa Keanggotaan di UEFA terbuka bagi semua asosasi sepakbola di benua Eropa, yang berbasis di negara merdeka dan diakui oleh mayoritas anggota PBB.

Hal ini sendiri memang cukup rumit untuk dipahami lantaran adanya penafsiran yang berbeda terhadap negara.  

Sebuah wilayah layak disebutkan sebagai sebuah negara adalah apabila memiliki wilayah, populasi tetap, sebuah pemerintahan, dan kemampuan untuk menjalin hubungan dengan negara lain. 

Namun, banyak negara yang mempunyai kriteria ini tidak diakui oleh PBB. Alasannya beragam, salah satunya adalah persoalan historis (sengketa) yang menganggap negara tersebut tak berdaulat (contohnya Israel, Kosovo, dsb).

Namun begitu, hal tersebut tak mengurangi keanggotaan mereka di FIFA, lantaran mereka memiliki asosiasi sepak bola dan memenuhi syarat sebagai sebuah negara yang minial diakui oleh mayoritas anggota PBB (bukan keseluruhan). 

Artinya, walau tak diakui secara penuh, negara ini tetap memiliki peluang untuk masuk sebagai keanggotaan FIFA. 

Khusus untuk Inggris Raya, banyak negara-negara anggotanya yang tak diakui PBB seperti Wales, Skotlandia, dsb, Namun lantaran Inggris Raya mendapatkan pengkauan penuh di PBB, maka negara anggotanya mendapatkan pengakuan dari FIFA.    

Atas hal ini, setidaknya ada sembilan negara dalam keanggotaan FIFA yang tidak diakui PBB. Negara-negara itu adalah Wales, Skotlandia, Irlandia Utara, Kep. Faroe, Tanjung Verde, Curacao, Hong Kong, Gibraltar, dan Bermuda.

Mereka pun berhak mengikuti kompetisi yang ada di bawah naungan FIFA seperti Piala Eropa dan Piala Dunia. 

Terus Ikuti Perkembangan Berita Internasional dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM 

123