Bola Internasional

Ketidakadilan untuk Ezra Walian? 4 Pemain Top Dunia Ini Bisa Perkuat 2 Timnas

Jumat, 22 Maret 2019 13:31 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Diego Costa salah pemain asal Brasil yang membela Timnas Spanyol. Copyright: © INDOSPORT
Diego Costa salah pemain asal Brasil yang membela Timnas Spanyol.

INDOSPORT. COM - Pemain Timnas sepak bola Indonesia, Ezra Walian, tidak sendirian sebagai pemain yang berganti kewarganegaraan dan membela dua negara sekaligus. Berkaca di jagat sepak bola dunia, ada beberapa pemain top yang pernah melakukan hal serupa.

Ya, Ezra Walian belakangan namanya sedang menjadi sorotan jagat sepak bola. Pasalnya, ia tiba-tiba dilarang oleh FIFA untuk membela Timnas Indonesia.

Pelarangan ini muncul lantaran Ezra Walian diketahui pernah membela Belanda U-17, sebelum dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia. FIFA pun telah resmi melarang Ezra Walian membela Timnas Indonesia berdasarkan surat keputusan tertanggal 21 Maret 2019, yang ditandatangani oleh Football Regulatory Director FIFA, Omar Ongaro, dan Head of Players Status, Erika Montemor Ferreira.

Kisah pelarangan Ezra Walian ini memang jarang sekali terjadi. Namun, kalau untuk kisah pemain yang berganti kewarganegaraan dan membela dua negara, ini bukanlah barang baru.

Beberapa pemain top dunia pernah melakukan hal ini dan nyatanya tak mendapat larangan FIFA. Siapa sajakah para pemain top dunia yang dimaksudkan?

426