In-depth

Kisah Kelam Vietnam hingga Menjelma Jadi ‘Penggangu’ Timnas Indonesia

Jumat, 22 Maret 2019 12:28 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT
Kisah Sedih Vietnam di Masa Lalu dan Kini Menjelma Jadi Penggangu Timnas Indonesia Copyright: © INDOSPORT
Kisah Sedih Vietnam di Masa Lalu dan Kini Menjelma Jadi Penggangu Timnas Indonesia

INDOSPORT.COMVietnam saat ini menjelma sebagai tim nasional yang cukup ditakuti oleh negara-negara Asia Tenggara. Itu tak terlepas dari kinerja federasi sepak bola Vietnam (VFF) yang menjalankan tugasnya dengan baik.

VFF bukan sekedar organisasi yang hanya menggulirkan sejumlah kompetisi sepak bola di Vietnam. Namun mereka juga memiliki program nyata untuk membangun persepakbolaan Vietnam yang sempat terpuruk.

Kondisi persepakbolaan Vietnam nyatanya tidak berbeda jauh dengan yang terjadi di Indonesia. Kasus suap, pengaturan skor hingga bentrokan antar suporter juga meracuni persepakbolaan Vietnam.

Meski demikian, otoritas tertinggi sepak bola Vietnam punya berbagai cara untuk menghapus masa kelam dan mengubahnya menjadi sebuah prestasi. Itulah yang seharusnya dicontoh oleh para pengurus PSSI jika ingin Timnas Indonesia bertaring di Asia.

Karena beberapa tahun silam, Vietnam terbilang tidak ada apa-apanya ketika berhadapan dengan Timnas Indonesia. Namun kini Vietnam mampu bangkit hingga akhirnya jauh meninggalkan Timnas Indonesia.

511