Liga Indonesia

Pelatih Persib Bandung Dukung Teknologi VAR di Liga 1 2019

Jumat, 22 Maret 2019 20:00 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Yohanes Ishak
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Miljan Radovic. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib, Miljan Radovic.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Miljan Radovic sangat mendukung jika kompetisi Liga 1 2019 menerapkan teknologi Video Assistant Referee (VAR). 

Menurutnya, kompetisi di Indonesia sudah membutuhkan teknologi tersebut, untuk meminimalisir keputusan wasit yang kontroversial. 

Sebagai informasi, sebelumnya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi berharap, PSSI dan operator kompetisi segera menerapkan teknologi VAR pada kompetisi Liga 1 sampai Liga 3 2019. 

"Saya pikir di sini Indonesia bagus, saya berharap bisa pake VAR," kata Radovic seusai memimpin latihan di Lapangan Saraga, Kota Bandung, Jumat (22/03/19). 
 

Pelatih asal Montenegro ini menambahkan, pada beberapa pertandingan di turnamen Piala Presiden 2019, masih ada beberapa kesalahan yang dilakukan oleh wasit. Salah satunya, posisi offside yang dianggap tidak offside atau sebaliknya. 

Jika teknologi VAR diterapkan, Radovic merasa yakin kesalahan yang terjadi di turnamen tersebut ataupun kompetisi sebelumnya, tidak terulang kembali. 

"Kalau lihat kemarin kalian nonton berapa game selalu offside, atau gol line, atau kadang-kadang pemain dipukul. Tapi VAR 100 persen berbeda, di Piala Dunia berbeda," ungkapnya.

"Mengerti, tapi banyak sekali saya nonton di sini banyak offside tidak bisa. Atau penalti kemarin kita main lawan Tira, ada 3-4 penalti kalau ada VAR kita 3-0," jelasnya. 

Sementara itu, teknologi VAR di Indonesia baru diterapkan di Liga amatir Bandung Premier League (BPL) dan Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019.

Ikuti terus Berita Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga lainnya di INDOSPORT.COM