Liga Spanyol

Terkuak! Pele Ternyata Pernah Hampir Gabung Klub Asal Spanyol Ini

Jumat, 22 Maret 2019 16:30 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© goal.com
Pele menjadi legenda terhebat sepanjang masa Copyright: © goal.com
Pele menjadi legenda terhebat sepanjang masa

INDOSPORT.COM – Legenda sepak bola Brasil, Pele ternyata pernah hampir saja bergabung dengan salah satu klub asal Spanyol. Klub itu ialah Valencia.

Hal tersebut terungkap seperti rilis yang INDOSPORT terima dari LaLiga Spanyol. Kisahnya berawal dari mantan pemain Valencia dan sekretaris klub, Eduardo Cubells, yang pada awal tahun 1958 berkunjung ke Brasil.

Dia berhasil menggaet seorang pemain muda berbakat bernama Edson Arantes do Nascimento alias Pele yang rencananya akan pindah ke Valencia seusai Piala Dunia pada musim panas tahun itu.

Pele memang dikenal sebagai seorang pemuda dengan olah bola luar biasa. Saat itu, dia membela klub asal Brasil, Santos dalam kompetisi domestik di Brasil.

Batalnya Pele untuk bergabung dengan Los Che bermula saat dia tampil apik di Piala Dunia 1958 yang berlangsung di Swedia. Saat itu, dia berhasil menyarangkan enam gol, dua diantaranya termasuk gol di final yang mampu membawa Brasil juara setelah mengalahkan tuan rumah Swedia dengan skor 5-2.

Karena performanya yang luar biasa itu membuat Santos berubah pikiran dan tidak jadi melepas Pele ke Valencia. Meski begitu, Pele pernah bertandang ke Stadion Mestalla, kandang dari Valencia pada musim panas 1959 untuk menjalani turnamen Trofeo Naranja.

Pada pertandingan yang berakhir dengan skor akhir 4-4 itu Pele berhasil mencetak satu gol. Namun, setelahnya dia tidak pernah lagi untuk memutuskan hijrah dari Santos ke Valencia dan hanya satu kali pindah klub yakni New York Cosmos pada tahun 1975.

Penulis: Risto Risanto

Baca berita sepak bola LaLiga Spanyol dan olahraga lainnya di INDOSPORT.COM.