Bola Internasional

Debut Minor Pelatih Asing Timnas Indonesia, Alarm buat Simon McMenemy

Minggu, 24 Maret 2019 09:20 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Indra Citra Sena
© Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com
Pelatih Timnas Indonesia senior, Simon McMenemy. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com
Pelatih Timnas Indonesia senior, Simon McMenemy.

INDOSPORT. COM - Simon McMenemy, sepertinya harus mewaspadai kutukan yang mungkin menghampirinya ketika melakoni laga debut sebagai pelatih tim nasional Indonesia.

McMenemy baru ditunjuk sebagai pelatih anyar Indonesia pada Januari lalu. Dia kini sedang mempersiapkan timnya guna bertanding di laga uji coba internasional kontra Myanmar, Senin (25/3/19) esok.

Menjadi spesial bagi McMenemy karena laga melawan Myanmar merupakan debutnya sebagai pelatih Indonesia. Sebuah kemenangan tentu akan menjadi sebuah awal yang baik bagi kiprahnya di Tim Garuda.

Namun, McMenemy nampaknya harus siap kalau dirinya justru menerima hasil buruk di laga debut nanti. Pasalnya, ada kutukan yang terjadi sejak 2002 silam, yaitu pelatih asing timnas Indonesia pasti selalu meraih hasil buruk di laga debutnya.

Berawal dari Ivan Kolev yang pertama kali bertugas sebagai pelatih Indonesia pada 2002 silam. Ia melakoni laga debutnya ketika bertemu Myanmar di ajang Piala AFF.

Sayangnya, pelatih asal Bulgaria itu gagal memberikan kemenangan untuk timnas. Skuat asuhan Kolev yang dimotori Gendut Doni tertahan dari Myanmar dengan skor 0-0.

Nasib Peter Withe juga demikian. Pelatih asal Inggris menjalani debutnya sebagai juru taktik Timnas Indonesia dengan hasil imbang 0-0 kontra Singapura di laga uji coba tahun 2004.

Alfred Riedl, sosok yang sempat membawa Timnas Indonesia ke final Piala AFF 2010, mengalami nasib serupa, bahkan lebih tragis. Riedl melakoni debut ketika Indonesia berjumpa Uruguay dalam sebuah laga uji coba pada 2010.

Bertemu pemain-pemain kelas dunia seperti Luis Suarez dan Edinson Cavani membuat permainan Indonesia racikan Riedl tak berkembang. Laskar Merah-Putih menyerah dari Uruguay dengan skor supertelak 1-7.

Dua pelatih asing berikutnya, Wim Rijsbergen serta Jacksen F. Tiago secara berturut tertimpa kisah yang sama, masing-masing pada 2011 dan 2013. Rijsbergen tertahan 1-1 oleh Turkmenistan dalam laga kualifikasi Piala Dunia, dan Jacksen kalah 1-2 dari Arab Saudi di Kualifikasi Piala Asia 2015.

Terakhir, nama fenomenal yang mendunia, Luis Milla, juga tak berdaya pada debutnya. Pria yang pernah membawa tim muda Spanyol merajai Eropa ini kalah 1-3 dari Myanmar saat pertama kali bertugas sebagai pelatih Indonesia.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Informasi Seputar Timnas Indonesia di INDOSPORT