Bola Internasional

Gabung Klub China, Harga 3 Pesepak bola Top Ini Justru Terjun Bebas

Minggu, 24 Maret 2019 11:30 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Indra Citra Sena
© INTERNET
LIGA SUPER CHINA Copyright: © INTERNET
LIGA SUPER CHINA

INDOSPORT.COM - Dalam beberapa tahun terakhir, Liga Super China seringkali menjadi tujuan dari para pesepak bola top Eropa yang sudah berusia uzur untuk melanjutkan kariernya.

Iming-iming gaji fantastis hingga level persaingan rendah di kompetisi Tirai Bambu tersebut menjadi sebagian kecil dari latar belakang fenomena ini.

Sebut saja Carlos Tevez yang sempat menjadi pemain dengan bergaji tertinggi di dunia saat membela Shanghai Shenhua. Begitu pula dengan Oscar, mantan pemain Chelsea yang memutuskan melanjutkan karier di Liga Super China meski usianya masih produktif.

Liga Super China, memang kerap menuai perdebatan di kalangan penikmat sepak bola. Tak sedikit beranggapan bahwa mereka sudah 'merusak' harga pasar pemain dengan gelontoran uang yang dikeluarkan.

Klub-klub Eropa pun memiliki pendapat yang tak jauh beda. Mereka beranggapan bahwa para pemain yang memilih hengkang ke China berarti sudah tidak lagi memiliki gairah untuk bermain sepak bola dan hanya mementingkan uang semata.

Di sisi lain, berbicara soal uang tak bisa dilepaskan dari dua faktor penting, yaitu gaji dan nilai transfer. Diketahui para pemain Eropa yang bermain di Liga Super China memang mendapatkan gelontoran uang fantastis, tapi bagaimana dengan nilai pasaran mereka di masa depan?

INDOSPORT coba menilik persoalan nilai transfer pemain Liga Super China, khususnya yang terbaru atau bergabung pada 2018/19. Menariknya, tiga pemain justru harus mengalami kerugian dalam segi nilai transfer saat memutuskan hijrah ke Negeri Tirai Bambu. Siapa saja kah mereka?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
67%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
33%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%