Liga Indonesia

Membongkar Kantor PSSI-nya Vietnam, Ada Kolam Renang dan Gym!

Minggu, 24 Maret 2019 06:42 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Coro Mountana
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Tampak luar kantor federasi Vietnam Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Tampak luar kantor federasi Vietnam

INDOSPORT.COM - Vietnam merupakan salah satu tuan rumah Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, tepatnya Stadion My Dinh, Hanoi. Tempat tersebut akan menentukan langkah tim nasional Indonesia U-23, entah mampu melaju ke putaran final atau malah mentok di fase ini.

INDOSPORT berkesempatan meliput langsung perhelatan Kualifikasi Piala Asia 2020. Bukan cuma melakukan reportase perjuangan Indonesia U-23 di ajang ini, INDOSPORT juga berupaya mendalami perkembangan sepak bola Vietnam.

Cara untuk mengenal perkembangan sepak bola Vietnam dapat dilakukan dengan menyambangi markas federasi sepak bola Vietnam (VFF). Tentu akan menarik untuk mencoba mencari tahu akan fasilitas yang dimiliki PSSI-nya Vietnam ini.

Membandingkan fasilitas apa yang berbeda antara VFF dengan PSSI dapat menjadi bahan studi banding untuk kemajuan sepak bola Indonesia. Bagaimana VFF bisa membuat perkembangan sepak bola Vietnam menjadi salah satu raksasa di Asia Tenggara.

Kantor Milik Sendiri

Setiba di kantor VFF, rasa cengang, iri, takjub bercampur menjadi satu. Bagaimana tidak? VFF memiliki kantor sendiri yang cukup megah. Bangunan berlantai tiga menjadi kantor bagi federasi sepak bola Vietnam.

© Zainal Hasan/INDOSPORT
Tampak luar kantor federasi Vietnam Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTTampak luar kantor federasi Vietnam

Berbagai ruang kerja lengkap berada di dalamnya. Poster penggawa timnas Vietnam saat menjadi juara Piala AFF 2018 pun terpampang jelas di salah satu sudut tembok ruangan.

© Zainal Hasan/INDOSPORT
Tampak dalam kantor federasi Vietnam Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTTampak dalam kantor federasi Vietnam

Tentu semua ini menimbulkan rasa iri bila berkaca dengan induk federasi sepak bola Indonesia. Seperti diketahui PSSI tidak memiliki kantor tetap. 

PSSI masih mengontrak sebuah rumah atau ruangan di sebuah gedung yang dijadikan kantor. Jangankan punya sendiri, otoritas sepak bolan Indonesia ini terkadang masih kesulitan mencari tempat untuk mereka jadikan kantor baru.

122