In-depth

Park Hang-seo: Profesor di Balik Kebangkitan Sepak Bola Vietnam

Minggu, 24 Maret 2019 13:45 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Nguoi Dua Tin
Park Hang Seo, profesor di balik kebangkitan sepak bola Vietnam. Copyright: © Nguoi Dua Tin
Park Hang Seo, profesor di balik kebangkitan sepak bola Vietnam.

INDOSPORT.COM - Pertandingan kedua Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 antara Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam akan dimainkan di My Dinh National Stadium, Hanoi, Minggu (24/03/19), pukul 20.00 WIB malam.

Pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam ini tentunya sangat penting untuk menjaga asa Garuda Muda lolos ke putaran final.

Pasalnya, setelah dibantai 4-0 oleh Thailand di pertandingan perdana Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, Timnas Indonesia U-23 saat ini berada di urutan ketiga saat ini.

Sementara dari babak kualifikasi ini, hanya pemuncak grup yang akan lolos serta empat tim peringkat kedua terbaik setelah tiga pertandingan dimainkan.

Dengan target berat, Timnas Indonesia U-23 pun harus menghadapi lawan kuat seperti Vietnam. Apalagi melihat sosok berpengalaman dalam diri pelatih Vietnam U-23, yakni Park Hang Seo.

Park Hang Seo sendiri bahkan disebut-sebut sebagai profesor di balik kebangkitan sepak bola Vietnam. 

Vietnam Sempat Terpuruk

© Stadium Astro
Vietnam mampu mengalahkan Filipina di semifinal leg kedua Piala AFF 2018. Copyright: Stadium AstroVietnam mampu mengalahkan Filipina di semifinal leg kedua Piala AFF 2018.

Vietnam yang dulu sungguh jauh berbeda dengan yang sekarang. Mereka bahkan sangat sulit untuk meraih gelar juara Piala AFF di awal tahun 2000-an.

Sejak Piala AFF 2000 hingga 2008, tiga kali edisi berturut-turut, Vietnam tidak pernah berhasil menjadi juara meski mereka cukup sering masuk empat besar.

Hingga pada Piala AFF 2008 silam, mereka berhasil menjadi juara dengan mengalahkan Thailand dengan skor agregat 3-2, saat itu babak final Piala AFF memakai format dua leg.

Namun, setelah juara pada tahun 2008, Vietnam kembali terpuruk setelahnya. Dari empat edisi hingga Piala AFF 2016, Vietnam tiga kali masuk empat besar namun tidak ada yang berakhir dengan mengangkat trofi.

Hingga pada tahun 2018, setahun setelah Federasi Sepak Bola Vietnam menunjuk Park Hang Seo sebagai pelatih Timnas Vietnam U-23 dan senior, mereka berhasil keluar sebagai juara Piala AFF.

Nampaknya penunjukkan Park Hang Seo sangat berpengaruh pada gelar juara Piala AFF 2018 yang diraih Vietnam. Sebuah langkah tepat? Berikut ulasannya sudah dirangkum oleh INDOSPORT.

43