Bola Internasional

5 Bek Kanan yang Tangguh di Musim Ini

Rabu, 27 Maret 2019 13:20 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Paul Harding/PA Images via Getty Images
Aaron Wan-Bissaka, bek sayap Crystal Palace.jpg Copyright: © Paul Harding/PA Images via Getty Images
Aaron Wan-Bissaka, bek sayap Crystal Palace.jpg

INDOSPORT.COM - Cafu, Javier Zanetti, Gianluca Zambrotta, Lilian Thuram, hingga Daniel Alves mungkin adalah beberapa pemain bek kanan terbaik yang pernah ada di dunia sepak bola.

Mereka bukan hanya sebagai bagian dari pertahanan tim, sebaliknya para pemain ini membentuk garis serangan pertama untuk tim mereka. 

Sejak saat itu, peran seorang bek kanan telah berkembang ke tingkat lebih tinggi dan berpengaruh sangat besar. 

Meskipun bek kanan menjadi posisi yang sangat penting dalam tim, namun tak setiap pemain dapat melakukan peran dengan sempurna. Selain wajib memiliki fisik yang kuat, seorang bek juga harus cepat, terampil dan mampu berlari penuh. 

Hal ini karena tugas yang diemban bek kanan sangatlah banyak. Dari mulai mempertahankan, menyerang, atau bahkan mencetak gol dan yang menetapkan gol untuk timnya.

Musim ini juga telah mencuat beberapa bek yang sangat berbakat dan telah menerangi dunia sepakbola. Berikut 5 bek kanan terbaik di dunia saat ini menurut Sportskeeda:

1. Joshua Kimmich (Jerman, Bayern Munchen)

© A. Beier/Getty Images
Joshua Kimmich, bek sayap Bayern Munchen. Copyright: A. Beier/Getty ImagesJoshua Kimmich, bek sayap Bayern Munchen.

Pesepakbola profesional asal Jerman, Joshua Kimmich merupakan salah satu pemain yang telah menguasai dunia sepak bola tahun ini.

Terbukti, Kimmich telah mengantongi 12 gol musim ini dan tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti dalam waktu dekat.

Bermain untuk klub Bayern Munchen dan juga tim nasional Jerman, ia sangat fleksibel dengan mampu dapat bermain di lini tengah.

Bahkan ia sudah tampil sebanyak 11 kali di lini tengah musim ini. Akan tetapi di posisi bek kanan Kimmich tengah berada dalam performa fantastis.

Kimmich dikenal sebagai pemain yang cepat dan terampil dalam menggiring bola. Bahkan ia juga tidak memerlukan umpan untuk berlari di pertahanan lawan. Kemampuan menyeberangnya dinilai terbaik di dunia sekarang ini. 

Selain itu, pemain berusia 24 tahun tersebut juga bisa langsung melihat umpan serta kerap mengambil set piece (taktik bola mati) dengan cukup pandai.

Musim ini, pria kelahiran Roweil ini mampu mencetak 2 gol dan 10 assists dari 37 pertandingan di semua kompetisi. Dia adalah salah satu bek kanan terbaik di dunia saat ini.

2. Trent Alexander-Arnold (Inggris, Liverpool)

© INDOSPORT
Trent Alexander-Arnold. Copyright: INDOSPORTTrent Alexander-Arnold, bek sayap Liverpool.

Pesepakbol asal Inggris, Trent Alexander-Arnold adalah bagian dari lini belakang Liverpool yang tangguh dan mampu memasukkan 18 gol di Liga Primer Inggris musim 2018/19 ini sekaligus yang terendah di divisi.

Alexander-Arnold dianugerahi kecepatan gemilang dan kini semakin berkembang sangat baik di bawah taktik menyerang Jurgen Klopp di Liverpool. Pemain berusia 20 tahun tersebut sangat bagus dalam menangani dan suka menekan di lapangan. 

Arnold kerap menggunakan kemampuan menyilang yang brilian untuk melukai pertahanan. Memulai debutnya di Liverpool pada 2016, Arnold telah mencetak satu gol dan mengumpulkan 6 assist dalam 29 penampilan

3. Łukasz Piszczek (Polandia, Borussia Dortmund)

© Lars Baron/Bongarts/Getty Images
Lukasz Piszcek, bek sayap borussia Dortmund.jpg Copyright: Lars Baron/Bongarts/Getty ImagesLukasz Piszcek, bek sayap borussia Dortmund.

Meski usianya akan menginjak 34 tahun pada Juli mendatang, Łukasz Piszczek ternyata masih tetap kuat sampai sekarang.

Mungkin Piszczek telah kehilangan kecepatannya, namun ia masih mampu berlari penuh dan dalam kondisi yang baik untuk klubnya musim ini. 

Saat ini, Piszczek dikabarkan tengah absen karena cedera tumit yang dialaminya. Walaupun tak membela klub Borussia Dortmund selama lebih dari sebulan, namun sebelum cedera, Piszczek sudah mengalami musim yang hebat.

Bek kanan asal Polandia ini merupakan bek kuat yang baik di udara dan ahli tackle. Dia juga pandai mencegat permainan dan bisa menekan lawan dengan cukup baik. Piszczek memiliki keahlian untuk bermain umpan pendek dan membangun permainan dari dalam. 

Selain itu, dia juga cukup baik memainkan bola di kakinya dan rata-rata sekitar 55 operan per pertandingan musim ini, dengan tingkat penyelesaian hampir 82%.

Bertinggi badan 184 cm, Piszczek juga mengesankan dalam serangan dan sejauh ini telah mencetak 1 gol dan menetapkan 6 assist dari 23 pertandingan di semua kompetisi.