Bola Internasional

4 Negara Ini Saingi Indonesia-Thailand Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Kamis, 28 Maret 2019 06:10 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Verdict
Trofi Piala Dunia. Copyright: © Verdict
Trofi Piala Dunia.

INDOSPORT.COM - Turnamen sepak bola internasional, yakni Piala Dunia 2034 memang masih lama. Indonesia dan Thailand sedang bersaing dengan 4 negara lainnya untuk menjadi tuan rumah.

Tawaran tuan rumah Piala Dunia 2034 diusulkan oleh anggota AFF. Bahkan pada 2016 lalu, rencana tersebut bocor ke permukaan publik.

Berdasarkan laman Football Chanel Asia, awalnya ada lima negara ASEAN mengajukan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034, yakni Malaysia, Vietnam, Singapura, Filipina, Thailand, dan Indonesia.

Akan tetapi dari kelima negara ASEAN tersebut yang sangat serius untuk menjadi tuan rumah adalah Indonesia dan Thailand saja. Sisanya mundur.

Dukungan Indonesia dan Thailand menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 datang dari berbagai sudut. Mulai dari FIFA, AFF, hingga Presiden RI Joko Widodo.

© PSSI
Skuat Timnas Indonesia saat melawan Timnas Myanmar dalam laga uji coba internasional FIFA, Senin (25/03/19). Copyright: PSSISkuat Timnas Indonesia saat melawan Timnas Myanmar dalam laga uji coba internasional FIFA, Senin (25/03/19).

Impian Indonesia menjadi tuan rumah memang telah dicanangkan oleh (mantan) Ketum PSSI Edy Rahmayadi. Dirinya ingin impian tersebut bukan dongeng belaka.

Meski begitu ternyata Indonesia dan Thailand akan mendapat saingan dari empat negara lainnya. Siapa saja negara-negara tersebut?

1. China

© RT.com
Pelari maraton China menolak membawa bendera China sampai akhirnya kalah. Copyright: RT.comPelari maraton China menolak membawa bendera China sampai akhirnya kalah.

Pada 2017 lalu media massa daring Huffington Post pernah memberitakan peluang China menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 mendatang.

Mereka menjelaskan kalau China memiliki sumber daya ekonomi yang kuat. Karena pada medio tersebut China dianggap bakal memasuki fase monumental sebuah negara.

Tak hanya itu Presiden China Xi Jinping sempat bertemu pemimpin FIFA Gianno Infantino di Beijing dua tahun lalu untuk membahas peluang China menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

2. Zimbabwe

© zimembassyberlin.com
Ilustrasi peta dan bendera Zimbabwe. Copyright: zimembassyberlin.comIlustrasi peta dan bendera Zimbabwe.

Kemudian ada Zimbabwe yang juga ikut mengajukan tawaran menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Hal itu disampaikan oleh Menteri Pariwisata Zimbabwe Waltes Mzembi.

Mzembi berencana mencari dukungan dari kabinet dan organisasi pariwisata Afrika agar bisa terselenggaranya Piala Dunia 2034 di Zimbabwe seperti dikutip Cajnews Afrika.

Keinginan tersebut dikarenakan Zimbabwe belum pernah menggelar event olahraga sekalipun di sana. Kesempatan mereka ketika menjadi tuan rumah Piala Afrika 2000 gagal karena kurang persiapan.

3. Mesir

© bebasbayar.com
Bendera Mesir. Copyright: bebasbayar.comBendera Mesir.

Selanjutnya ada Mesir yang juga berniat untuk bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 mendatang. Akan tetapi belum mengajukan tawaran.

Menteri Pemuda dan Olahraga Mesir Ashraf Sobhy menjelaskan kalau Mesir tengah mempertimbangkan upaya untuk bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

Akan tetapi upaya ajuan tersebut mesti diumumkan oleh asosiasi sepak bola Mesir bukan dari permintaan pemerintah setempat seperti pemberitaan Four Four Two.

4. Nigeria

© riau12.com
Bendera Nigeria. Copyright: riau12.comBendera Nigeria.

Terakhir ada Nigeria yang siap menjadi pesaing Indonesia dan Thailand untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 mendatang.

Seperti dilansir ACL Sports kalau Nigeria tak mungkin sendiri menjadi tuan rumah. Mereka ingin mencari kawan dari negara Afrika untuk bersama-sama menjadi tuan rumah.

Akan tetapi keinginan tersebut masih sebatas pembicaraan saja. Belum sampai tahap benar-benar mengajukan keinginan menjadi tuan rumah.

Terus Ikuti Update Piala Dunia 2034 dan Berita Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

490