Bola Internasional

Deretan Klub Raksasa Eropa yang Berpeluang Meraih Treble Winners Musim Ini

Kamis, 28 Maret 2019 16:10 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© Twitter
Para pemain Barcelona melakukan selebrasi gol. Copyright: © Twitter
Para pemain Barcelona melakukan selebrasi gol.

INDOSPORT.COM - Setelah hampir dua minggu terpotong jeda Internasional, kompetisi Eropa akan kembali bergulir akhir pekan ini. Persaingan papan atas khas liga-liga top Benua Biru siap memanjakan mata penikmat sepak bola di seluruh penjuru bumi.

Setiap penghuni papan atas klasemen akan berusaha untuk mengejar gelar juara, bahkan beberapa di antaranya ada yang masih berpeluang meraih tiga gelar atau treble winners pada akhir musim nanti.

Berikut INDOSPORT merinci empat klub Eropa yang masih berpotensi meraih treble winners berdasarkan lansiran berita Sportskeeda. 

1. FC Porto

© goal.com
Porto meraih gelar juara Liga Champions Copyright: goal.comPorto meraih gelar juara Liga Champions

FC Porto mampu menembus perempat final Liga Champions musim ini. Mereka akan menghadapi Liverpool dan nantinya juga bakal bersua pemenang pertandingan Barcelona versus Manchester United andai berhasil mengalahkan The Reds.

Dengan lebih dari 60 trofi dimenangi, Porto tercatat sebagai klub paling sukses sepanjang sejarah sepak bola Portugal. Akan tetapi, Porto belum pernah meraih treble winners sejak dulu hingga detik ini. 

Musim ini, pasukan Sergio Conceicao memiliki kesempatan meraih treble winners karena mereka tengah menduduki posisi kedua Liga Portugal, menempel ketat rival abadinya, Benfica dengan selisih satu poin. Mereka juga masih bertahan di semifinal Piala Portugal.

Sebelumnya, Porto kalah tipis dari Sporting CP di final Piala Liga Portugal pada Januari lalu. Mereka harus puas menjadi runner-up untuk ketiga kalinya dalam 12 perhelatan terakhir Piala Liga Portugal.

2. Ajax Amsterdam

© INDOSPORT
Aksi selebrasi para pemain Ajax usai kalahkan Real Madrid dengan skor 4-1 yang sebelumnya dengan agregat 5-3 pada laga Liga Champions 16 besar di stadion Bernabeu, Rabu (06/03/19) Spanyol. Copyright: INDOSPORTAksi selebrasi para pemain Ajax usai kalahkan Real Madrid dengan skor 4-1 yang sebelumnya dengan agregat 5-3 pada laga Liga Champions 16 besar di stadion Bernabeu, Rabu (06/03/19) Spanyol.

Ajax Amsterdam adalah salah satu tim tradisional Eropa yang mendominasi dunia sepak bola era 1970-an dan pertengahan 1990-an. Meski masih dominan di Eredivisie (bersama PSV), mereka telah menurun drastis semenjak masa kejayaan Johan Cruyff dkk. 

Musim ini, Ajax kembali menunjukkan peningkatan yang nyata dalam penampilan mereka di Benua Eropa. Di babak 16 besar Liga Champions, mereka menciptakan kejutan besar berupa kemenangan telak atas juara bertahan tiga musim beruntun, Real Madrid, dengan skor 4-1. 

Selanjutnya, Ajax akan menjamu Juventus di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, pada 11 April mendatang. Jika menang, mereka mempunyai peluang untuk memenangkan treble winners kedua sekaligus menambah trofi sejak 1972. 

Saat ini, tim yang dinakhodai Erik ten Hag telah duduk di urutan kedua dalam klasemen Eredivisie serta sukses menjejak final Piala Belanda 2018/19.