Bola Internasional

Terlalu Muluk Bermimpi ke Piala Dunia 2022? Indonesia Bisa Tatap Piala Asia 2023

Jumat, 29 Maret 2019 11:04 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI/fifa.com
Perjalanan panjang Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2022 di Qatar Copyright: © PSSI/fifa.com
Perjalanan panjang Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2022 di Qatar

INDOSPORT.COM - Kemenangan tim nasional Indonesia atas Myanmar dengan skor 2-0 di FIFA Matchday, Senin (25/3/19) lalu, rupanya membawa berkah untuk Skuat Garuda.

Hasil tersebut akan menambah perolehan poin Indonesia di ranking FIFA meski diprediksi tidak akan mengalami perubahan signifikan seperti saat ini di peringkat ke-159.

Kendati begitu, Indonesia mendapat berkah tersendiri, yakni tanpa melewati putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022, yang akan mulai, berlangsung pada 6 Juni mendatang.

Indonesia dipastikan akan langsung tampil di putaran kedua, 5 September nanti, dikarenakan sudah masuk ke dalam 34 tim peringkat teratas ranking FIFA zona Asia, dengan menempati urutan ke-32.

Ada pun negara-negara yang akan menjalani putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022 karena berada di bawah peringkat ke-35 seperti Malaysia, Laos, Kamboja, Macau, Sri Lanka, dan Brunei Darussalam.

Meski langsung lolos ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022, langkah Indonesia menuju Qatar tak mudah. Sebanyak 34 tim di putaran kedua akan digabungkan dengan 6 tim yang lolos dari putaran pertama sehingga berjumlah 40 peserta yang terbagi ke dalam delapan grup. 

Pembagian grup sendiri baru akan diundi oleh FIFA pada 17 April mendatang, sambil menunggu ranking terbaru FIFA dan hasil dari Kualifikasi Piala Dunia 2022 di putaran pertama.

Indonesia yang masuk dalam pot non-unggulan, diprediksi akan satu grup dengan tim-tim tangguh seperti Iran, Jepang, Korea Selatan, Australia, Qatar, dan Uni Emirat Arab selaku penghuni pot 1.

609