Liga Indonesia

Persija Tumbang, Kutukan Juara Bertahan Piala Presiden Terus Berlanjut

Jumat, 29 Maret 2019 00:29 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Rafif Rahedian
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Pemain Kalteng Putra saat menunggu detik detik kemenangan Timnya Kalteng Putra atas Persija jakarta. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Pemain Kalteng Putra saat menunggu detik detik kemenangan Timnya Kalteng Putra atas Persija jakarta.

INDOSPORT.COM - Kutukan juara bertahan turnamen pramusim Piala Presiden nyatanya terus berlanjut. Buktinya, Persija Jakarta tumbang di tangan Kalteng Putra pada babak perempatfinal.

Kutukan yang dimaksudkan adalah juara bertahan tak bisa mempertahankan trofi juara dari tahun lalu ke tahun berikutnya. Sejauh ini tak ada klub yang mampu mencapainya.

Persija Jakarta secara mengejutkan kalah dari Kalteng Putra lewat drama adu penalti 3-4, usai bermain imbang 1-1 selama 90 menit berlangsung, Kamis (28/03/19).

Padahal Persija adalah jawara Piala Presiden 2018. Di mana Macan Kemayoran hanya kalah sekali dalam enam pertandingan hingga juara.

Akan tetapi pada Piala Presiden 2019, Persija gagal mempertahankan trofi juara bertahannya. Macan Kemayoran mesti menyerahkan gelar tersebut ke klub lain.

Kegagalan Persija ternyata sempat dialami oleh Arema FC yang menjadi jawara Piala Presiden 2017 lalu. Bahkan striker naturalisasi milik Singo Edan Cristian Gonzales sukses menjadi top skor dengan 11 gol.

Namun pada Piala Presiden 2018, Arema FC tampil kurang apik dan gagal mempertahankan gelar juara usai kalah dari Sriwijaya FC dengan skor 1-3 di babak perempatfinal.

© INDOSPORT/Ghozi El Fitra
Arema FC saat hadapi Semen Padang di babak perempatfinal Piala Presiden 2017. Copyright: INDOSPORT/Ghozi El FitraArema FC saat hadapi Semen Padang di babak perempatfinal Piala Presiden 2017.

Terakhir ada Persib Bandung yang sempat menjadi jawara pertama Piala Presiden, tepatnya pada 2015. Persib tampil gemilang dari babak grup hingga juara.

Akan tetapi pada Piala Presiden 2017, Persib kalah dari Borneo FC di babak semifinal lewat drama adu penalti dengan skor 3-5 (sebelumnya bermain imbang 3-3 secara agregat).

© Istimewa
Bobotoh arak Persib Bandung juara Piala Presiden 2015. Copyright: IstimewaPersib Bandung juara Piala Presiden 2015.

Dengan catatan di atas tadi membuat kutukan juara bertahan Piala Presiden untuk menjaga kehormatan kampiun di tahun berikutnya pupus.

Terus Ikuti Update Piala Presiden 2019 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.