Bola Internasional

Mengingat Kembali, 24 Pemain Keturunan Indonesia di Liga Eropa yang Dipantau Kemenpora

Sabtu, 30 Maret 2019 15:19 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT
Sandy Walsh pemain KRC Genk calon naturalisai Timnas Indonesia. Copyright: © INDOSPORT
Sandy Walsh pemain KRC Genk calon naturalisai Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Pada April 2017 lalu Kemenpora mengeluarkan daftar 24 pemain keturunan Indonesia yang bermain di luar negeri dan disebut bakal dinaturalisasi untuk Timnas. Siapa sajakah mereka?

Merosotnya prestasi Timnas Indonesia khususnya saat gagal dalam babak kualifikasi Piala Asia U-23 2020 lalu, membuat pecinta skuat Garuda kembali berharap kepada para pemain keturunan yang ada di luar negeri untuk memperkuat Timnas.

Sebelumnya memang cukup banyak pemain keturunan Indionesia di luar negeri, yang terang-terangan bersedia untuk berseragam Merah-Putih sebut saja nama-nama seperti Sandy Walsh, Darren Sidoel dan Joey Suk.

Namun jauh sebelum itu, ternyata Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sempat mengeluarkan daftar 24 pemain keturunan Indonesia yang ada di luar negeri yang dipantau dan berpotensi untuk dinaturalisasi.

Tepatnya saat Kemenpora mendapat surat dengan No.00862/DM/03/59/09 dari KBRI di Den Haag, Belanda yang berisikan data pemain sepakbola keturunan Indonesia yang bermain di Belanda pada tahun 2017 lalu. 

"Menpora meminta bantuan Menlu untuk menyampaikan arahan kepada para Kepala Perwakilan RI di kawasan Eropa Barat dan juga di negara Qatar agar melakukan pendataan terhadap potensi sejumlah pemain sepak bola keturunan Indonesia dengan kompetensi dan prestasi yang berkualitas," kata Gatot S. Dewa Broto.

Dari surat tersebut diketahuilah 24 pemain yang diproyeksikan bakal memperkuat Timnas melalui jalur naturalisasi, lantas siapa sajakah pemain itu dan bagaimana nasibnya sekarang? Berikut INDOSPORT.COM coba mengulasnya.

No Nama Posisi Klub Status
1 Sandy Walsh  Bek Zulte Waregem Proses
2 Joey Suk Gelandang Gorica Proses
3 Jairo Riedewald Bek Crystal Palace Batal*
4 Kenny Tete Bek Vitesse Arnhem Belum Jelas
5 Navarone Foor Gelandang Vitesse Arnhem Belum Jelas
6 Kevin Dicks Bek Vitesse Arnhem Belum Jelas
7 Keziah Veendorp Bek FC Groningen Belum Jelas
8 Levi Opdam Bek AZ Alkamar Belum Jelas
9 Jeffrey Leiwakabessy Bek NEC Nijmegen Belum Jelas
10 Mark Van der Maarel Bek FC Utrech Belum Jelas
2