Liga Indonesia

UNICEF: Bonek Dulu Ditakuti, Sekarang Disegani dan Diteladani

Minggu, 31 Maret 2019 09:29 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Fitra Herdian/Indosport.com
Bonek sudah memasuki tribun barat 1, stadion si jalak harupat. Copyright: © Fitra Herdian/Indosport.com
Bonek sudah memasuki tribun barat 1, stadion si jalak harupat.

INDOSPORT.COM - Aksi solidaritas suporter klub sepak bola Indonesia dari Persebaya Surabaya, Bonek kepada anak-anak penderita kanker dengan melemparkan boneka ke stadion, mendapatkan pujian dari UNICEF.

Seperti diketaui sebelumnya, diinisiasi oleh dua maskot Persebaya, Zoro dan Jojo, Bonek melakukan aksi lempar boneka ke stadion saat laga perempatfinal Piala Presiden kontra TIRA-Persikabo, Jumat (29/03/19). 

Atas aksi Bonek tersebut, Organisasi PBB yang fokus membantu menangani persoalan pada anak-anak, UNICEF (United Nations Children’s Fund) pun tak ragu untuk melemparkan pujian.

Lewat Kepala Perwakilan UNICEF Pulau Jawa Arie Rukmantara, aksi Bonek itu disebutnya sebagai virus positif bagi generasi muda di Indonesia.

“Kepedulian pada para penderita kanker anak yang ditunjukan bonek-bonita bisa menjadi virus positif bagi generasi muda di Indonesia,” kata Arie Rukmantara melalui siaran pers yang diterima Antara.

“Bonekmania dulu sempat ditakuti, tapi sekarang menjadi disegani dan diteladani,” tambahnya.

Lebih jauh, Arie bahkan menyebut apa yang dilakukan Bonek itu mampu memberikan harapan besar bagi anak-anak penderita kanker. Harapan yang bisa menjadi obat penyembuh yang memang dibutuhkan, di luar proses medis yang sedang mereka jalani.

“Mereka juga memberikan harapan besar kepada anak-anak penderita kanker melalui pesan positif yang diberikan di dunia olahraga."

“Termasuk dukungan Bonek yang bisa menjadi ‘suporting system’ bagi anak-anak penderita, palliative care, dan menjadi pemangku kepentingan kampanye peduli kanker di Indonesia,” jelas Arie. 

Dalam aksi lempar boneka yang dilakukan Bonek dan Bonita di Stadion Gelora Bung Tomo itu, total terkumpul sekitar 20 ribu boneka yang nantinya bukan hanya akan diberikan kepada anak-anak penderita kanker di Surabaya, namun juga di daerah sekitar seperti Mojokerto, Gresik, Lamongan, dan Sidoarjo.

Terus Ikuti Berita Bonek dan Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

3.2K