Liga Indonesia

Termasuk Markas Persib, Ini Harga Sewa Stadion Sepak Bola Indonesia

Senin, 1 April 2019 10:51 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Stadion Utama Gelora Bung Karno Copyright: © INDOSPORT
Stadion Utama Gelora Bung Karno

INDOSPORT.COM – Hampir semua klub sepak bola Indonesia belum memiliki stadion yang dikelola sendiri. Untuk itu, mereka harus membayar uang sewa stadion yang tidak murah.

Bhayangkara FC sejauh ini menjadi klub pertama yang memiliki stadion sendiri. Ya, Stadion PTIK bisa dipakai skuat The Guardians tanpa harus mengeluarkan uang sewa.

Harga sewa stadion di Indonesia ternyata bervariasi. Tingkat kasta klub bermain ternyata juga mempengaruhi nominal harga sewanya.

Pecinta sepak bola Indonesia tentu bertanya-tanya terkait biaya sewa stadion klub kebangaannya setiap kali menggelar laga kandang.

Meski harus membayar harga mahal, klub sepak bola Indonesia ternyata turut menyumbang pendapatan daerah ke Pemerintah Kota/Daerah.

Maka dari itu, berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkum harga sewa stadion sepak bola di Indonesia.

Stadion Patriot Candrabhaga

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintah Kota Bekasi, Tedi Hafni mengungkapkan Stadion Patriot akan digunakan oleh dua klub pada musim 2019, yakni Bhayangkara FC (Liga 1) dan Persis Solo (Liga 2).

Harga sewa stadion yang kerap dipakai Persija Jakarta ini untuk pertandingan Liga 1 sebesar Rp55 juta per laga, sementara Liga 2 adalah Rp30 juta.

© INDOSPORT/Istimewa
Stadion Patriot, Pakansari dan Si Jalak Harupa. Copyright: INDOSPORT/IstimewaStadion Patriot, Pakansari dan Si Jalak Harupa.

Stadion Wibawa Mukti

Masih berdasarkan sumber dari Tedi Hafni selaku Kepala Dispora Pemkot Bekasi, harga sewa Stadion Wibawa Mukti, Cikarang sebesar Rp79 juta.

Stadion Pakansari

Stadion Pakansari dapat disewa dengan harga Rp84 juta untuk menggelar satu pertandingan. Dibandingkan Patriot dan Wibawa Mukti, Pakansari menjadi yang paling mahal.

472