Bola Internasional

Tak Lebih Luas Dari Balikpapan, Negara ini Mampu Ungguli Indonesia di Rangking FIFA

Kamis, 4 April 2019 20:22 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
© PSSI
Skuat Timnas Indonesia saat melawan Timnas Myanmar dalam laga uji coba internasional FIFA, Senin (25/03/19). Copyright: © PSSI
Skuat Timnas Indonesia saat melawan Timnas Myanmar dalam laga uji coba internasional FIFA, Senin (25/03/19).

INDOSPORT.COM - Kejutan terjadi dalam rilis resmi terbaru ranking sepak bola FIFA, di mana Timnas Indonesia berada jauh dibawah negara yang cuma seluas kota Balikpapan.

Melansir dari laman resmi FIFA.com, diketahui saat ini Timnas Indonesia berada di peringkat ke-159 dari 211 negara dengan poin sebesar 1008, naik tiga poin dari perolehan sebelumnya.

Namun meski mengalami kenaikan jumlah poin, Timnas Indonesia tetap tak beranjak dari posisi 159. Timnas saat berada di peringkat 32 Asia, terpaut cukup jauh dari Iran yang menjadi tim Asia dengan rangking FIFA terbaik (21).

Sementara di kawasan Asia Tenggara, Timnas Indonesia harus puas berada diperingkat kelima dibawah Vietnam, Thailand, Filipina bahkan Myanmar.

Uniknya dalam rilis rangking FIFA terbaru ini, ada sebuah negara yang bahkan luasnya tak mencapai kota Balikpapan di Indonesia namun mampu meraih peringkat yang jauh diatas Timnas Garuda.

Adalah Curacao, negara yang memiliki luas sekitar 444 km2 dan cuma berselisih 60 km2 dari kota Balikpapan yang memiliki luas 503.3 km2 ini berada di rangking 82 FIFA, atau unggul 77 peringkat diatas Indonesia.

© www.fifa.com
Perbandingan Rangking FIFA Indonesia dengan Curacao, Selasa 4 April 2019 Copyright: www.fifa.comPerbandingan Rangking FIFA Indonesia dengan Curacao, Selasa 4 April 2019.

Meski jarang terdengar, namun negara yang masuk dalam konfederasi zona Amerika Latin ini memiliki sejumlah pemain yang tampil di berbagai kompetisi Eropa.

Sebut saja penjaga gawang Eloy Room, yang kini merumput bersama PSV serta sang kapten Cuco Martina yang memperkuat Feyenoord di Eredivisie Belanda.

Berbekal skuat yang tampil beberapa liga Eropa, tak heran jika Timnas Curacao mampu tampil impresif bahkan di tahun 2018 lalu mereka tak pernah menelan kekalahan dalam semua pertandingan dengan catatan empat kemenangan dan satu hasil seri.

Salah satu pertandingan bahkan berhasil mereka menangkan dengan skor telak 10-0, tepatnya saat berhadapan dengan Grenada di ajang CONCACAF Nations League. Rentetan hasil positif itulah yang mungkin membuat rangking FIFA Curacao beranjak naik, jauh lebih baik ketimbang Timnas Indonesia.

Ikuti Terus Berita Timnas Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

177