Liga Indonesia

Motivasi untuk Madura United dan Kalteng Putra, 2 Aksi Comeback di Semifinal Piala Presiden

Jumat, 5 April 2019 14:01 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Logo Liga 1 2019. Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Dua tim yang berstatus tamu di babak semifinal Piala Presiden 2019 leg pertama harus menelan pil pahit, lantaran pulang dengan kekalahan yakni Madura United dan Kalteng Putra.

Bertandang ke markas Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Madura United yang dihuni dengan sejumlah pemain bintang tak bisa berbuat banyak.

Laskar Sapeh Kerrab kalah dengan skor 1-0, melalui gol tunggal Manuchekhr Dzhalilov menit ke-64. Padahal, sepanjang babak pertama Madura United sempat membuat Persebaya tertekan.

Namun sayang, di babak kedua serangan Madura United mengendur sehingga mampu dimanfaatkan oleh Persebaya, ditambah beberapa pergantian pemain yang tepat.

Meski begitu, kekalahan ini tidak membuat para pemain Madura United patah semangat. Sebab, mereka berpeluang membalikan keadaan di leg kedua yang berlangsung di kandangnya sendiri, Stadion Ratu Pamelingan, Pamekasan.

Sementara Kalteng Putra, kalah menyakitkan dari Arema FC dengan skor 0-3 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Selasa (02/04/19) kemarin.

Meski Persebaya dan Arema FC sudah meraih kemenangan di leg pertama, bukan berarti keduanya bisa aman untuk melaju ke partai final.

Pasalnya, tradisi comeback ada di turnamen Piala Presiden ini. Tercatat, dua tim sudah merasakannya, dan bisa jadi motivasi tambahan untuk para pemain Madura United dan Kalteng Putra.

1. Persib Bandung (2015)

Tahun 2014 dan 2015 bisa dibilang adalah era emas untuk Persib Bandung. Bagaimana tidak, dalam dua tahun itu Maung Bandung mampu merebut dua gelar yakni ISL 2014 dan Piala Presiden 2015.

Persib nyaris saja tak bisa memenangkan gelar Piala Presiden edisi pertama itu, karena langkahnya hampir terhenti hanya sampai babak semifinal, karena kalah di leg pertama dari Mitra Kukar dengan skor 0-1 di Stadion Aji Imbut, Tenggarong.

Namun Persib mampu membalasnya di leg kedua, dengan skor 1-3 (agregat 3-2) saat bermain di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Persib pun lolos ke final, dan menjadi juara usai mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor 2-0.

Semangat Persib Bandung itu bisa jadi motivasi tambahan untuk para pemain Madura United, yang baru kalah tipis 0-1 dari Persebaya.

2. Arema FC (2017)

Tim selanjutnya yang merasakan tuah comeback adalah Arema FC di Piala Presiden 2017. Saat itu, Singo Edan nyaris saja tersingkir di tangan Semen Padang, karena di semifinal leg pertama mereka kalah dengan skor 1-0 di Stadion Haji Agus Salim, Padang.

Namun sayang, euforia Semen Padang di leg pertama harus berakhir menyakitkan setelah di leg kedua Arema FC mampu membalikan keadaan dengan skor 5-2. 

Cristian Gonzales jadi bintang lapangan dengan memborong 5 gol, sementara gol balasan Semeng Padang dicetak oleh Marcel Silva Sacramento dan Vendrimofu. Arema lolos ke final dan meraih gelar juara, mengalahkan Borneo FC dengan skor 5-1.