Bola Internasional

Eks Marquee Player Madura United Peter Odemwingie Pensiun

Jumat, 5 April 2019 18:13 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Mantan marquee player Madura United, Peter Odemwingie. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Mantan marquee player Madura United, Peter Odemwingie.

INDOSPORT.COM - Mantan pemain internasional Nigeria, Peter Odemwingie mengumumkan untuk gantung sepatu pada konferensi UEFA Equal Game di Wembley, Rabu (03/04/19) lalu. Odemwingie pensiun dari sepak bola di usia 37 tahun. 

Keputusannya ini menjadikan Madura United sebagai klub profesional terakhir bagi Odemwingie. Pesepakbola yang berposisi sebagai penyerang tersebut memang sempat bermain untuk tim Indonesia, Madura United pada 2017. 

Dikutip Goal, marquee player Madura United ini mengungkapkan bahwa Wembley menjadi tempat paling bersejarah dalam perjalanan karier dunia sepak bola untuknya. 

"Saya tidak tahu bagaimana melakukannya atau di mana melakukannya, tetapi saya pikir ini adalah tempat yang tepat untuk melakukannya. Wembley adalah tempat dengan banyak sejarah dalam sepak bola," ujar Odemwingie kepada hadirin.

Pria yang lahir di Tashkent ini juga berkeinginan untuk tetap bisa melanjutkan kariernya di sepak bola menjadi seorang pelatih. 

"Selanjutnya perlahan membangun karier kepelatihan, dan semoga saya akan menjadi pelatih di Liga Primer suatu hari nanti," tambahnya.

Odemwingie tumbuh di Rusia dan Nigeria serta memulai kariernya di Bendel Insurance yang berkompetisi di Liga Primer Nigeria. Dia kemudian pindah ke Eropa merumput bersama klub Belgia La Louvière dan menghabiskan tiga musim sebelum akhirnya pindah ke klub Lille OSC di Prancis. 

Selain itu, pengalaman Odemwingie di level internasional bersama Nigeria pun cukup puas. Ia pernah mengemas gol di Piala Dunia 2014 serta punya catatan 36 gol dalam 129 penampilan di Liga Primer Inggris mulai 2010 hingga 2016.

Selama berada di Inggris, Odemwingie pernah memperkuat sejumlah klub kasta tertinggi di antaranya West Bromwich Albion, Cardiff City, dan Stoke City.

Penulis: Neneng Astrianti

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM