Liga Indonesia

Jadi Pesepak Bola Sekaligus Mahasiswa, Kiper Timnas Indonesia U-22 Ungkapkan Rahasianya

Jumat, 5 April 2019 17:16 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Isman Fadil
© Bandung Saputra/PSSI
Satria Tama kiper Timnas U-23 tiba di Indonesia. Copyright: © Bandung Saputra/PSSI
Satria Tama kiper Timnas U-23 tiba di Indonesia.

INDOSPORT.COM - Menjalani karier sebagai pesepak bola profesional sekaligus mahasiswa, kiper Timnas Indonesia U-22, SatriaTama, mengungkapkan rahasianya.

Menjejakan karier sebagai pesepak bola profesional sejak usia muda, tak menghalangi Satria Tama untuk terus melanjutkan pendidikannya. 

Hingga saat ini, pemain klub Madura United itu masih tercatat sebagai mahasiswa aktif di  di Universitas Dr. Soetomo Surabaya, jurusan Administrasi Negara.

Dengan jadwal padatnnya sebagai pemain profesional, tama mengaku tak mengalami kendala menjalani kuliah hingga kini telah memasuki semester ke-8. Hal itu dikarenakan pihak kampus juga memberikan dukungan penuh kepadanya, dengan memberikannya keleluasan untuk mengikuti kuliah dengan sistem E-learning. 

"Kalau saya mendapatkan kebijakan dari kampus menggunakan E-Learning. Jadi saya bisa belajar dengan jarak jauh. Saya mendapatkan tugas-tugas nanti, lalu tugas yang sudah saya kerjakan dikirim menggunakan email," jelas Satria Tama dalam wawancarannay di halaman resmi Madura United.

Meski mengaku tak mengalami kesulitan, Tama tak menampik bahwa kariernya sebagai pesepak bola profesional juga secara langsung juga memberikan pengaruh dalam kuliahnya. Utamanya dalam masalah nilai yang belakangan mulai mengalami penurunan.

"IPK saya dulu 3.2, lumayan itu bagus sudah. Sekarang sudah sedikit menurun, soalnya saya tidak seperti semester satu dulu, kesibukan di sepak bola tidak hanya di klub tapi juga di Timnas Indonesia," tuturnya.

Sudah memasuki semester delapan, Tama pun kini tinggal beberapa langkah lagi untuk menyelsaikan kuliahnya. Dirinya saat ini mengaku masih mempersiapkan judul dari seminar proposal yang akan terlebih dahulu dikerjakannya, sebelum mengerjakan tugas akhir atau skripsi.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga 1 Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%