Bola Internasional

(Eksklusif) Legenda Dortmund Sebut Bundesliga Wadah untuk Pemain Asia, Bagaimana Kans Indonesia?

Senin, 8 April 2019 20:30 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Arum Kusuma Dewi/INDOSPORT
Mantan pemain dan asisten manajer Borussia Dortmund, Jorg Heinrich, kala berkunjung ke Jakarta, Sabtu (06/04/19). Foto: Arum Kusuma Dewi/INDOSPORT Copyright: © Arum Kusuma Dewi/INDOSPORT
Mantan pemain dan asisten manajer Borussia Dortmund, Jorg Heinrich, kala berkunjung ke Jakarta, Sabtu (06/04/19). Foto: Arum Kusuma Dewi/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Legenda Borussia Dortmund, Jorg Heinrich, menyatakan bahwa Bundesliga Jerman adalah wadah yang tepat bagi pemain-pemain Asia untuk bersinar di kancah sepak bola Eropa.

Sang asisten manajer klub Dortmund tersebut tak ragu menyebut sepak bola Jerman bisa menjadi platform terbaik bagi para pemain Asia.

“Bundesliga ini adalah titik awal yang bagus bagi pemain Asia di Eropa,” tutur Heinrich kepada INDOSPORT, di GOR Pertamina Simprug, Sabtu (06/04/19) lalu.

“Dalam beberapa tahun kemarin, pemain Asia dari Bundesliga bisa pindah ke tim-tim Eropa lain, bahkan ke tim-tim besar,” lanjutnya.

Ya, tercatat setidaknya lebih dari 25 pemain Jepang, belasan pemain Korea, dan bahkan segelintir pemain Asia Tenggara yang pernah merumput di Jerman.

Bahkan beberapa nama di antaranya mampu membangun reputasi sebagai pemain mumpuni yang mampu bersaing dengan pemain top lainnya di Eropa.

Lantas bagaimana dengan kans pemain Indonesia? Heinrich tak menyangsikan adanya kesempatan bagi pemain Asia lainnya, termasuk Indonesia. Namun ia mengaku belum memperhatikan betul kiprah para pemain Merah Putih.

“Saya harus lihat beberapa talenta Indonesia dulu. Ini pertama kalinya saya ke Indonesia,” akunya.

Borussia Dortmund sendiri memiliki pemain Asia yang moncer di dekade ini, yakni Shinji Kagawa. Pemain asal Jepang itu bergabung dengan Die Borussen pada 2010 sebelum hijrah ke Manchester United.

Dua musim berselang, Kagawa kembali ke klub yang membesarkan namanya itu. Kini ia bermain untuk klub Turki, Besiktas, dengan status pinjaman.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM