Liga Indonesia

Sejarah Baru Final Piala Presiden, Hegemoni Jawa Timur Persebaya-Arema

Senin, 8 April 2019 16:20 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Persebaya Surabaya vs Arema FC Copyright: © INDOSPORT
Persebaya Surabaya vs Arema FC

INDOSPORT.COM - Piala Presiden 2019 memasuki babak puncak yang mempertemukan dua raksasa Jawa Timur, Persebaya Surabaya dan Arema FC. Final akan digelar dalam dua leg secara bergantian di kandang masing-masing.

Leg pertama akan digelar pada Selasa (9/4/19) di markas Persebaya, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), sementara leg kedua berlangsung tiga hari kemudian di kandang Arema, Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jumat (12/4/19).

Duel Persebaya vs Arema ternyata menjadi rekor baru dalam gelaran Piala Presiden sejak 2015. Sejarah yang membanggakan buat Jawa Timur mengingat dua klub yang bertanding sama-sama berasal dari kawasan ujung timur Pulau Jawa .

Pada edisi sebelumnya, final Piala Presiden selalu mempertemukan dua tim asal pulau dan provinsi berbeda. Dimulai dari edisi 2015 yang memanggungkan laga Persib Bandung vs Sriwijaya FC di partai puncak.

Saat itu, Persib berhasil mengungguli rivalnya asal Palembang dengan skor 2-0 dalam pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Edisi kedua Piala Presiden mempertemukan Arema kontra Borneo dalam laga final yang digelar di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor. Wakil Jawa Timur mampu mengungguli tim asal Kalimantan Timur dengan skor mencolok 5-1.

Setelah dua kali dimenangi tim berseragam biru, Piala Presiden memiliki juara baru di Piala Presiden 2018. Persija Jakarta berhasil melibas Bali United tiga gol tanpa balas di final kejuaraan.

Tahun ini, sejarah baru tercipta lantaran dua klub sedaerah yang terlibat rivalitas panjang bersua di final. Baik Arema maupun Persebaya tentu ingin menunjukkan permainan terbaik mereka demi menuntaskan ambisi merengkuh titel juara Piala Presiden 2019 sebagai modal berharga untuk menghadapi Liga 1 2019.

Ikuti Terus Berita Sepak bola Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

89