Bola Internasional

Jakmania Naik Pagar dan Lempar Botol, Persija Jakarta Kena Sanksi Berat AFC

Rabu, 10 April 2019 11:57 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Isman Fadil
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Situasi Jakmania penuhi Stadion Gelora Bung Karno laga AFC Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Situasi Jakmania penuhi Stadion Gelora Bung Karno laga AFC

INDOSPORT.COM - Federasi Sepak Bola Asia (AFC) baru saja merilis daftar sanksi yang diberikannya kepada beberapa klub, salah satu Persija Jakarta.

Dalam rilisnnya tertanggal 9 April 2019 itu, Persija Jakarta mendapatkan sanksi AFC setelah suporternya Jakmania kedapatan melakukan pelanggaran dalam laga Piala AFC 2019 versus Becamex Binh Doung di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (26/02/19).

Dalam dakwaannya, Persija Jakarta dianggap lalai dalam menjaga suporternya yang menaiki pagar pembatas tribune dan lapangan selama pertandingan berlangsung. Termasuk adanya Jakmania yang melempar botol ke dalam lapangan di laga Piala AFC 2019 itu.

"Penonton melemparkan botol air ke area di sekitar lapangan. Penonton memanjat pagar yang mengelilingi lapangan dan berdiri di sana selama pertandingan," tulis AFC dalam rilisnya.

Atas dakwaan tersebut, Persija jakarta mendapatkan hukuman denda yang relatif berat mengingat pelanggaran itu merupakan kali ketiga dilakukan klub berjuluk macan Kemayoran dalam gelaran Piala AFC yang diikutinya.

"Persija Jakarta (IDN) diperintahkan untuk membayar denda USD12.000 (setara Rp168 juta) karena melanggar Pasal 65.1 dan Pasal 64.1 Kode Disiplin dan Etika AFC," bunyi hukuman AFC.

Setelah hukuman tersebut diberikan, Persija Jakarta diwajibkan membayar denda paling lambat 30 hari sejak keputusan dikeluarkan. Termasuk adanya peringatan, akan adanya denda yang lebih besar, jika pelanggaran serupa kembali dilakukan Macan Kemayoran ataupun suporternya Jakmania.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Piala AFC 2019 Lainnya Hanya di INDOSPORT