Liga Indonesia

Liga 1 2019 Tinggal Menghitung Hari, BOPI Sambut Baik Kedatangan PT LIB

Rabu, 10 April 2019 17:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Logo Liga 1 2019. Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) baru-baru ini menerima kehadiran PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi yang berniat meminta rekomendasi untuk Liga 1 2019.

Diutarakan Ketua BOPI, Richard Sam Bera, saat ini pihaknya akan mengkaji permohonan itu sebelum menerbitkan surat rekomendasi. Dia memastikan rekomendasi akan segera keluar sebelum jadwal sepak mula Liga 1 yang berlangsung pada 8 Mei mendatang. 

"Rapat kami banyak menghasilkan kesepakatan yang baik. BOPI sangat gembira menyambut PT LIB yang telah datang ke sini dan mengajukan permohonan rekomendasi penyelenggaraan Liga 1 2019," kata Richard, Rabu (10/4/19). 

"Kami sepakati semua proses permintaan verifkasi dan penerbitan rekomendasi sudah dimulai sedini mungkin, termasuk sudah dimulai hari ini," lanjut Richard.

Meski begitu, Richard menekankan PT LIB harus lebih memperhatikan sejumlah perundang-undangan yang berlaku di Indonesia yang terkait faktor keamanan dalam pertandingan serta para pemain asing di Liga 1 2019.

"Faktor keamanan sangat kami tekankan yang menyangkut perundang-undangan Negara Indonesia, termasuk izin pemain dan pelatih asing. yang terlibat. Saya sampaikan kesiapan peserta, masing-masing 18 klub yang ikut," lanjut Richard. 

Selain itu, dia menjelaskan bahwa BOPI juga masih menunggu laporan tunggakan subsidi PT LIB kepada 18 klub Liga 1 musim lalu. Di mana, mereka diketahui belum membayarkan uang tunai senilai 1,25 miliar rupiah. 

"Dalam dua pekan ini kami tunggu mereka lakukan verifikasi. Jadi, PT LIB dari akhir bulan sampai kick-off tinggal fokus ke teknis. Silakan dari teman yang terlibat selesaikan itu semua. Saya yakin semua selesai oleh LIB sebelum gong pembukaan Liga 1 2019," pungkas Richard.

Ikuti Terus Perkembangan Sepak bola Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT