Liga Indonesia

Media Asing Beri Penghormatan ke Legenda Sepak Bola Indonesia dan Persija Jakarta

Rabu, 10 April 2019 13:50 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Legenda sepak bola Indonesia, Soetjipto Soentoro mendapatkan apresiasi salah satu media asing, Foxsport. Media tersebut mengenang melalui akun Instagram mereka @foxsportsasia karena jumlah gol Soetjipto yang mencapai 57 gol untuk Indonesia.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by FOX Sports Asia (@foxsportsasia) on

Soetjipto sendiri telah meninggal pada (12/11/1994) ketika usianya 53 tahun. Ia merupakan Putra Pasundan karena lahir di Bandung, 16 Juni 1941. Posisi Soetjipto bukan striker murni, melainkan ia berposisi sebagai second striker atau penyerang bayangan kala itu disebutnya.

Walaupun lahir di Bandung, mantan pemain bola yang sering disebut Gareng ini menghabiskan karier sepak bolanya di Jakarta.

Mengawali karir junior ketika usianya 13 tahun di IPPI Kebayoran pada tahun 1954, setahun kemudian ia membela klub lokal Setia Jakarta sampai usia 23 tahun. Kecemerlangannya bermain membuat ia mendapat panggilan Timnas junior pada tahun 1960.

Setelah bermain apik di klub lokal Jakarta, Persija meliriknya dan ia dianggap one man club karena bermain di Persija hingga akhir karirnya. Ia memutuskan pensiun dini di usia 30 tahun, usia yang tidak begitu tua untuk ukuran pemain sepak bola.

Konsisteni permainannya bersama klub sepak bola Ibukota membuat ia rutin mendapat panggilan Timnas. Cerita yang tak terlupakan dari Gareng adalah ketika ia mencetak delapan gol kala Timnas Indonesia menumbangkan Singapura dengan skor 9-1 pada Piala Merdeka Malaysia 1969.

Ia total mencetak 57 gol untuk Timnas Indonesia dan membuatnya dikenang oleh beberapa pihak karena jumlah gol yang belum tersaingi hingga sekarang. Setelah ia pensiun sebagai pemain, ia tercatat pernah menjadi pelatih Persiba Balikpapan dan Persiraja Banda Aceh.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM