Liga Indonesia

PT LIB Sebut VAR Belum Dibutuhkan di Liga 1 2019, Ini Alasannya

Rabu, 10 April 2019 17:48 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
© Bandung Premier League
Bandung Premier League sudah menggunakan VAR Copyright: © Bandung Premier League
Bandung Premier League sudah menggunakan VAR

INDOSPORT.COM - PT Liga Indonesia Baru (LIB) siap kembali menggulirkan roda kompetisi Liga 1 2019. Kompetisi starta tertinggi di sepak bola Indonesia ini dijadwalkan bergulir pada 8 Mei 2019.

Kembali bergulir di musim baru, Liga 1 2019 tentu diharapkan banyak melakukan perubahan. Terlebih seperti diketahui perhelatan musim 2018 tak lepas dari kata sempurna.

Untuk musim 2019 terobosan yang digaungkan adalah penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR) dapat digunakan. Gema penggunaan VAR memang kencang digaungkan, terlebih ada sebuah kompetisi regional bertajuk Bandung Premier League sudah menggunakan teknologi ini.

Disinggung hal ini, Direktur PT Liga Indonesia Baru, Dirk Soplanit, menilai Liga 1 2019 belum membutuhkan VAR. Baginya, Liga 1 2019 belum perlu menerapkan teknologi ini.

"Saya kira menurut pengamatan saya belum sampai ke situ. Kita belum menerapkan itu (VAR)," ucap Dirk.

Sebelumnya penggunaan VAR di kancah Liga 1 memang sudah harus dilakukan. Bahkan Menpora Imam Nahrawi berharap Liga 1 musim ini sudah menggunakan.

"Mengenai VAR saya kira itu hal yang wajib untuk diterapkan, bukan lagi dianjurkan apalagi di liga profesional," tukas Imam.

Sekadar informasi, VAR merupakan penggunaan teknologi video untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan yang lebih tepat. VAR digunakan pertama kali pada sepak bola tertinggi di Piala Dunia 2018.

Untuk kawasan sepak bola Asia Tenggara, VAR sudah digunakan di V-League Vietnam, Thai League, dan Malaysia Super League.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga 1 Hanya di INDOSPORT.COM