Liga Indonesia

Media Asing Soroti Kiprah Salah Satu Pelatih Klub Sepak Bola Indonesia

Jumat, 12 April 2019 16:30 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ian Setiawan/Indosport.com
Pelatih Barito Putera, Jacksen Fereira Tiago. Copyright: © Ian Setiawan/Indosport.com
Pelatih Barito Putera, Jacksen Fereira Tiago.

INDOSPORT.COM – Pelatih Barito Putera saat ini, Jacksen F. Tiago mendapat apresiasi salah satu media asing Fox Sport Asia, Media tersebut mengapresiasi pelatih sepak bola asal Brasil dengan mem-posting foto sang pelatih di akun Instagram resmi mereka @foxsportasia karena prestasi yang ia raih.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by FOX Sports Asia (@foxsportsasia) on

Dalam foto tersebut, Jacksen diapresiasi bukan sebagai pelatih Barito Putera saat ini. Melainkan ketika ia mampu membawa Persipura Jayapura menjuarai Indonesia Super League (ISL) sebanyak tiga kali.

Pelatih sepak bola kelahiran Rio De Janeiro ini mengantarkan Persipura membawa pulang trofi ISL pada musim kompetisi 2008/09, 2010/11 dan 2012/13. Prestasi sangat membanggakan bagi seorang pelatih asing yang memilih berkiprah di Indonesia ini.

Setelah mengantarkan Persipura juara sebanyak tiga kali, Jacksen lalu mendapatkan kepercayaan melatih Timnas Indonesia. Bersama Timnas, prestasinya biasa-biasa saja karena kebetulan federasi induk olahraga sepak bola PSSI pada saat itu baru saja selesai dari persoalan dualisme.

Pria yang gemar menyantap nasi rawon ini memang dikenal pelatih sepak bola jenius. Ia mampu meracik tim Mutiara Hitam dengan mayoritas pemain lokal Papua menjadi salah satu tim yang paling ditakuti di Indonesia.

Sampai saat ini, Jacksen masih hobi menggunakan jasa pemain asal Bumi Cendrawasih di klubnya. Terbukti ada nama Priska Womsiwor, Andri Ibo, dan Rony Beroperay di skuat Barito Putera.

Gelar juara Jacksen tidak hanya saat di Persipura, ketika ia melatih Persebaya pada tahun 2004, pelatih berkepala plontos ini berhasil mengantarkan Persebaya menjadi juara divisi utama, sekaligus menjadi salah satu orang yang membawa Persebaya juara baik sebagai pelatih maupun pemain.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

170