Liga Indonesia

Cerita Nostalgia Kejayaan Persebaya: Permalukan Persija Hingga Gelar Juara 'Ajaib'

Sabtu, 13 April 2019 16:40 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© bolajawara.com
Skuat Persebaya Surabaya juara Liga Indonesia 2004. Copyright: © bolajawara.com
Skuat Persebaya Surabaya juara Liga Indonesia 2004.

INDOSPORT. COM - Klub sepak bola Indonesia, Persebaya Surabaya punya sebuah cerita nostalgia penuh kejayaan yang telah kurang lebih 15 tahun berlalu. Cerita itu dihiasi dengan momen menundukan Persija Jakarta, hingga keberhasilan meraih gelar juara 'ajaib'.

Menilik jauh ke perhelatan Liga Indonesia 2004 silam, Persebaya Surabaya awalnya pasti tak pernah menyangka ada kesuksesan yang telah menunggu mereka di akhir musim. Bagaimana tidak, Bajul Ijo kala itu mentas di kompetisi kasta tertinggi Liga Indonesia hanya dengan status tim promosi.

Ya, biasanya tim promosi cuma akan berharap untuk bisa bertahan di kompetisi musim depan, dan menghindari bahaya degradasi. Kalaupun ingin berbicara banyak, langsung mengincar gelar juara jelas sebuah target yang berlebihan.

Namun, yang dilakukan Persebaya Surabaya sungguh menjadi anomali tersendiri. Persebaya Surabaya langsung bisa meraih gelar juara walaupun masih menyandang status tim promosi.

Persebaya Surabaya keluar sebagai juara setelah memuncaki klasemen Liga Indonesia 2004 dengan torehan 61 poin. Skuat Bajul Ijo unggul selisih  11 gol dari PSM Makassar di tempat kedua yang sejatinya memiliki torehan poin sama.

Gelar juara ini seperti mengikuti jejak Persik Kediri di musim sebelumnya. Persik Kediri di Liga Indonesia 2003, juga berhasil keluar sebagai juara meski masih berstatus tim promosi.