Termasuk GBK, Deretan Stadion yang Dipakai Kampanye Pemilu 2019

Sabtu, 13 April 2019 12:51 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Adriana Adie/NurPhoto via Getty Images
Kampanye Akbar calon Presiden Indonesia Prabowo Subianto di Stadion Nasional GBK (07-04-2019). Foto: Adriana Adie/NurPhoto via Getty Images Copyright: © Adriana Adie/NurPhoto via Getty Images
Kampanye Akbar calon Presiden Indonesia Prabowo Subianto di Stadion Nasional GBK (07-04-2019). Foto: Adriana Adie/NurPhoto via Getty Images

INDOSPORT.COM - Belakangan ini Stadion Gelora Bung Karno (GBK) menjadi sorotan sebagai lokasi aksi kampanye akbar dua kandidat calon Presiden, Prabowo maupun Joko Widodo.

Dengan lokasinya di jantung ibu kota Jakarta dan kapasitasnnya yang bisa menampung puluhan hingga ratusan ribu orang, memang tak mengherankan jika kemudian GBK menjadi pilihan kedua kubu yang saling berseberangan tersebut.

Namun jika melihat ke belakang, GBK bukanlah satu-satunya stadion yang menjadi pilihan calon Presiden untuk melakukan kampanyenya di tahun 2019 ini.

Stadion mana saja itu, berikut INDOSPORT menjabarkan

Stadion Sriwedari (Solo)

© Istimewa
Stadion Sriwedari Copyright: IstimewaStadion Sriwedari, Solo dari salah satu sudutnya.

Sama seperti GBK, Stadion Sriwedari juga pernah menjadi area kampanye kedua kubu calon Presiden. Diawali Joko Widodo (Jokowi) yang memakai Stadion Sriwdari pada Selasa (09/04/19), sehari setelahnya giliran kubu Prabowo yang juga menggunakan stadion sarat sejarah itu (10/04/19).

Didirikan pada tahun 1932, Stadion Sriwedari ini juga merupakan salah satu stadion tertua yang ada di Indonesia. Di mana pembangunannya diinisiasi oleh Sri Susuhunan Paku Buwono X dari Keraton Surakarta, yang miris melihat perlakuan tak adil pemerintah kolonial Belanda kepada atlet pribumi.

Sehingga dirinya memerintahkan membangun Stadion Sriwedari sebagai lokasi olah raga dan berlatih atlet-atlet pribumi kala itu.