Liga Inggris

Ada Bintang Chelsea dan Liverpool, Inilah 3 Pemain Muda Termahal Inggris

Minggu, 14 April 2019 20:40 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Justin Setterfield/Getty Images
Callum Hudson-Odoi memberikan ucapan terima kasih kepada supporter Chelsea. Copyright: © Justin Setterfield/Getty Images
Callum Hudson-Odoi memberikan ucapan terima kasih kepada supporter Chelsea.

INDOSPORT.COM- Walau dikenal sebagai Liga yang sering mendatangkan pemain asing dengan harga selangit. Liga Primer Inggris nyatanya acap kali melahirkan pemain-pemain lokal yang harganya tidak kalah dengan para pendatang. Berikut tiga pemain muda Inggris yang memiliki nilai transfer selangit, termasuk pemain Chelsea dan Liverpool.

Seperti yang sudah diketahui, Liga Primer Inggris selalu identik dengan stigma-stigma negatif ketika berhubungan dengan jual-beli pemain. 

Stigma ini sendiri bukan bualan semata. Pasalnya, klub-klub Liga Inggris memang dikenal sebagai 'kolektor' pemain asing berbakat. Ditambah, kasta tertinggi sepak bola Britania Raya tersebut seringkali menjadi destinasi utama para pesepakbola yang berharap kariernya bisa melejit bak roket.

Dengan hadirnya stigma ini, alhasil persaingan antara pemain asing dan lokal pun secara perlahan-lahan mulai menunjukan 'ketidaksehatan'. Dalam hal ini yang dimaksudkan adalah masifnya penggunaan pemain asing, dibandingkan pemain lokal yang dilakukan oleh klub-klub Liga Inggris.

Sebagai contoh, Arsenal pada tahun 2005 berhasil mencatatkan rekor sebagai klub Inggris yang tidak mencantumkan satupun pemain Inggris dalam line up dan pemain penggantinya, walau bermain di kasta tertinggi sepak bola Inggris. Begitu pula dengan Chelsea yang sudah melakukan terlebih dahulu pada tahun 1999, namun hanya line up saja.

Hal itu sejatinya telah menunjukan bahwa masifnya peredaran pemain asing di tanah Britania Raya justru memperburuk posisi pemain lokal yang tengah berkembang. 

Walau begitu, dalam beberapa tahun terakhir, para pemain Inggris nyatanya berhasil membuktikan kualitasnya dan mulai mencuri perhatian para pelatih klub-klub Premier League untuk memilihnya, dibandingkan pemain asing. Sebut saja Marcus Rashford, Jordan Pickfor hingga penyerang muda Liverpool, Dominic Solanke.

Selain ketiga nama itu, sejatinya masih ada deretan pemain-pemain muda yang saat ini tengah menjadi bahan pergunjingan berkat kemampuannya. Bahkan berkat kelihaiannya dalam mengolah si kulit bundar, para pemain muda ini pun memiliki nilai transfer yang tak kalah mahalnya dengan pemain asing.

Siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkumnya menjadi 3 pemain muda Inggris yang harganya selangit.

67