Liga Spanyol

Bukan Messi, Penyerang Madrid Inilah yang Memiliki Release Clause Terbesar di LaLiga

Minggu, 14 April 2019 12:50 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Yohanes Ishak
© Real Madrid
Gol tandukan Benzema di laga Valladolid vs Real Madrid, Senin (11/03/19). Copyright: © Real Madrid
Gol tandukan Benzema di laga Valladolid vs Real Madrid, Senin (11/03/19).

INDOSPORT.COM- Selain nilai transfer, release clause atau buyout clauses acap kali menjadi bahan pergunjingan banyak orang. Pasalnya, metode transfer menggunakan clause tersebut mengharuskan klub menerima biaya yang sudah ditetapkan, tanpa bisa bernego lagi.

Metode ini seringkali digunakan oleh raksasa Bundesliga, Bayern Munchen, dalam mendatangkan pemain. Sebut saja Mario Gotze, hingga Lucas Hernandez yang baru saja diboyong oleh The Bavarians dengan menggunakan release clause dari Atletico Madrid.

Selain itu, adapula transfer Neymar dari Barcelona ke Paris Saint-Germain (PSG) yang menggunakan metode ini. 

Baru-baru ini pula, Blaugrana juga telah memberikan release clause sebesar 100 juta Euro (Rp 1 triliun) kepada salah satu pemain mudanya, Moriba Kourouma atau yang kerap disapa Ilaix. Menariknya, Ilaix ini baru berusia 16 tahun, dan belum pernah bermain untuk tim utama Barcelona.

Tentu saja kabar tersebut mengejutkan banyak orang, sekaligus memperkokoh embel-embel La Liga sebagai Liga yang dipenuhi dengan pemain release clause terbesar di dunia.

Embel-embel tersebut nyatanya bukan bualan semata. Tercatat beberapa pemain La Liga memang memiliki release clause yang angkanya di luar nalar. 

Dengan label seperti itu, tentu saja satu pertanyaan muncul ke permukaan mengenai siapa pemegang relase clause terbesar di LaLiga