Liga Indonesia

Piala Presiden 2019 Punya Arti Penting untuk Wasit Indonesia

Senin, 15 April 2019 16:16 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© pssi.org
Oki Dwi Putra, Wasit Indonesia Berlinsensi FIFA. Copyright: © pssi.org
Oki Dwi Putra, Wasit Indonesia Berlinsensi FIFA.

INDOSPORT.COM - Wasit Indonesia berlisensi FIFA, Oki Dwi Putra, berpendadat bahwa gelaran Piala Presiden 2019 lalu merupakan sebuah ajang pembuktian integritas bagi wasit di Indonesia.

Pasalnya, sejak kasus pengaturan skor yang merebak beberapa waktu yang lalu, pengadil lapangan di Indonesia mendapat perhatian khalayak ramai karena banyak dianggap bermain mata dengan mafia pengaturan skor.

Hal ini, membuat Oki menganggap bahwa gelaran turnamen sepak bola Piala Presiden 2019 merupakan ajang baginya dan rekan seprofesinya menunjukkan integritas mereka.

"Kami mencoba mengubah pandangan buruk masyarakat terhadap wasit terkait kasus pengaturan skor. Bagi kami, itu merupakan perjalanan yang harus kami hadapi dalam menjalani profesi ini," ujar Oki dilansir dari situs resmi PSSI (induk tertinggi bola Indonesia).

Oki juga menambahkan, bahwa dirinya dan wasit-wasit lainnya berkomitmen untuk meningkatkan mutu dan kualitas dalam memimpin pertandingan serta menjaga integritas dan amanah yang diemban.

"Kami mempunyai tekad bulat untuk meningkatkan mutu dan kualitas wasit. Itu merupakan amanah yang ditekankan oleh komite wasit," tambahnya.

Pria yang bernama lengkap Oki Dwi Putra Sanjaya ini merupakan salah satu wasit berlisensi FIFA yang dimilik Indonesia. Wasit berusia 35 tahun ini mendapat lisensi FIFA pada tahun 2009.

Dirinya sering menjadi wasit di liga Indonesia bahkan termasuk memimpin laga internasional seperti SEA Games dan Piala AFF. Berkat ketegasannya, ia dianugerahi penghargaan wasit terbaik pada gelaran Piala Presiden 2018.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%