Liga Champions

Pochettino: Keberadaan VAR Bisa Ubah Konsep Sepak Bola

Rabu, 17 April 2019 16:05 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Mauricio Pochettino, pelatih Tottenham Hotspur. Copyright: © Getty Images
Mauricio Pochettino, pelatih Tottenham Hotspur.

INDOSPORT.COM - Pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pchettino mengaku keberatan dengan adanya VAR (Video Assistant Referees) dalam sepak bola, karena bisa merusak konsep dari sepak bola itu sendiri.

Tottenham Hotspur baru saja menang 1-0 atas Manchester City pada leg pertama babak perempatfinal Liga Champions 2018/19, Rabu (9/4/19) dini hari WIB tadi.

Pemain asal Korea Selatam Son Heung-Min menjadi pahlawan di pertandingan yang digelar di Tottenham Stadium tersbut. Ia mencetak satu-satunya gol di menit ke-78.

Manchester City sebenarnya mempunyai kesempatan untuk unggul lebih dahulu di menit ke-13 setelah wasit menghadiahi penalti untuk mereka, namun Sergio Aguero yang ditunjuk sebagai algojo gagal memanfaatkan kesempatan dengan baik, bola tendangannya berhasil ditepis oleh kiper Tottenham, Hogu Lloris.

Keputusan penalti diberikan, setelah wasit Bjorn Kuipers melihat VAR di pinggir lapangan. Wasit asal Belanda itu menyimpulkan bahwa bola tendangan Raheem Sterling menyentuh tangan bek Spurs Danny Rose di kotak terlarang.

Menanggapi hal ini, Mauricio Pochettino mengaku keberatan dengan penggunaan VAR dalam sepak bola. Menurutnya VAR bisa mengubah makna sesungguhnya dari sepak bola.

"VAR untuk membatu wasit bisa saja menjadi maslah besar karena itu bisa mengubah konsep dari sepak bola, dan saya sangat khawatir dengan hal ini," kata Pochettino dikutip dari laman berita olahraga Sportskeeda

"Apakah kita harus selalu mengecek semuanya? apakah itu handsball? apakah itu dorongan?, ada banyak yang harus kita ketahui. Saya pikir arah sepak bola sekarang sudah melenceng dari olahraga yang kita senangi dari dulu ini. Kita melihat olahraga yang berbeda sekarang," ungkap pelatih asal Argentina tersebut.

Adanya VAR di Liga Champions musim ini dimaksudkan untuk uji coba sebelum resmi digunakan pada Liga Champions musim 2019/10 mendatang. Untuk itu Pochettino berharap ada kejelasan tentang peraturan dalam menggunakan VAR di sepak bola.

"Saya tahu untuk musim depan, setiap bola yang menyentuh tangan di kotak penalti baik itu disengaja atau tidak akan berbuah penalti. Tapi hari ini tidak, peraturan itu digunakan untuk musim depan."

"Oleh karena itu masih banyak pertanyaan dan pekerjaan yang harus dilakukan untuk membuat peraturan tentang penggunaan VAR menjadi lebih jelas," tutup Pochettino. 

Sekadar informasi, Tottenham Hotspur akan kembali menghadapi Manchester City dalam lanjutan leg kedua babak perempatfinal Liga Champions 2018/19 pada Kamis (18/04/19) dini hari WIB nanti.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Champions Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM