Liga Italia

Inter, Milan, AS Roma, Siapa yang Lolos ke Liga Champions Musim Depan?

Sabtu, 20 April 2019 16:52 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT
Logo Inter, AC Milan dan Roma. Copyright: © INDOSPORT
Logo Inter, AC Milan dan Roma.

INDOSPORT.COMSerie A Italia hanya tinggal menyisakan beberapa pertandingan lagi pada musim 2018/19 ini. Tim-tim papan atas Italia bersaing mati-matian untuk mendapatkan posisi terbaik di klasemen akhir.

Jika bicara perebutan juara Serie A Italia, memang hamper mustahil bagi tim-tim lain untuk menyingkirkan Juventus dari puncak klasemen. Namun pertarungan sengit justru terjadi di zona Liga Champions.

Seperti yang diketahui, Serie A Italia mendapatkan empat kuota untuk berkesempatan tampil di Liga Champions. Saat ini, empat tim teratas di Serie A Italia masih diduduki oleh Juventus, Napoli, Inter Milan dan AC Milan.

Namun posisi dua nama terakhir yang disebutkan, masih belum dalam keadaan aman. Jika selalu menalan kekalahan di sisa laga musim ini, maka posisi Inter dan AC Milan bisa digantikan oleh AS Roma, Atalanta, dan Lazio.

Klub di luar empat besar yang masih memiliki peluang mendapatkan tiket Liga Champions musim depan adalah AS Roma. Tim yang dijuluki Serigala Ibu Kota tersebut saat ini berada di peringkat ke-5 dengan perolehan 54 poin.

© Getty Images
AS Roma vs Inter Milan Copyright: Getty ImagesAS Roma vs Inter Milan di Serie A Italia.

Roma hanya terpaut satu angka dari AC Milan (peringkat ke-4) dan enam poin dari Inter (posisi ke-3). Jika Roma mampu menyapu bersih sisa laga musim ini dengan kemenangan, bukan tidak mungkin mereka akan menggeser tim yang berada di atasnya.

Roma mendapatkan kesempatan untuk menghentikan laju Inter, yang ingin mengamankan posisinya di empat besar. Mengingat, Inter menjadi lawan Roma selanjutnya di pekan ke-33 Serie A Italia pada Senin (21/04/19) dini hari mendatang.

Kemenangan pun menjadi harga mati bagi Roma jika mereka masih menginginkan tempat di Liga Champions pada musim depan. Di sisi lain, Roma juga harus menggantungkan nasibnya dari hasil pertandingan Milan.

Karena Roma tidak akan naik peringkat pada pekan ini jika Milan berhasil mengantongi poin sempurna ketika berhadapan dengan Parma pada malam nanti. Jika Milan menuai hasil imbang saja, maka Roma bisa menggesernya dari peringkat empat (dengan catatan Roma menang atas Inter).

Milan sendiri tentunya memiliki ambisi yang sangat besar untuk mempertahankan posisinya di empat besar. Mengingat, tim berjuluk Rossoneri tersebut telah lama absen di ajang Liga Champions.

© Marco Luzzani/Getty Images
Perayaan gol AC Milan ke gawang Lazio, Kamis (14/04/19), di San Siro Copyright: Marco Luzzani/Getty ImagesPerayaan gol AC Milan ke gawang Lazio, Kamis (14/04/19), di San Siro

Inter, Milan, dan Roma masing-masing masih harus berhadapan dengan tim besar di sisa kompetisi musim ini. Inter dipaksa untuk berhadapan dengan Juventus setelah pertemuan sengitnya dengan Roma.

Roma pun juga masih harus berhadapan dengan Juventus di dua pekan terakhir Serie A Italia musim ini. Sementara itu, Milan punya rintangan tersendiri saat bertemu Torino dan Fiorentina di sisa musim ini.

Konsistensi wajib dilakukan tiga tim legendaris asal Italia ini. Karena hanya dengan merengkuh poin sempurna di sisa musim ini, maka posisi mereka tidak akan tergoyahkan oleh siapapun.

Terus Ikuti Sepak Bola Liga Italia dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM