Bola Internasional

Terkuak! Ini Percakapan Wasit Sepak Bola Dalam Sebuah Pertandingan

Sabtu, 20 April 2019 19:35 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Indra Citra Sena
© Nigel French/EMPICS via Getty Images
Mantan wasit dari Inggris, Eddie Wolstenholme. Copyright: © Nigel French/EMPICS via Getty Images
Mantan wasit dari Inggris, Eddie Wolstenholme.

INDOSPORT.COM- Seperti diketahui, seorang wasit memimpin pertandingan sepak bola dengan satu alat komunikasi yang bertujuan menjadi penyambung satu dengan lainnya (wasit utama, asisten wasit, dan wasit keempat atau cadangan). Lantas, apa saja yang dibahas oleh mereka?

Penasaran dengan percakapan para wasit? Baru-baru ini, salah satu media olahraga ternama, ESPN FC, merilis sebuah video yang berisikan obrolan para wasit pada pertandingan A-League antara Brisbane Roar melawan Western Sydney Wanderers.

"Ini mungkin akan menjadi awal yang panjang yang pernah saya alami," ucap Jarred Gillet, wasit utama pertandingan kepada rekan-rekannya.

Tidak butuh waktu lama bagi Gillet untuk melakukan pekerjaannya. Di tengah babak pertama, salah seorang pemain dari Wanderers melakukan pelanggaran dengan menarik baju pemain Brisbane.

Sang asisten yang melihat kejadian itu pun langsung memberitahu Gillet terkait pelanggaran. Akan tetapi, sang wasit utama mengatakan untuk terus melanjutkan pertandingan karena bukan pelanggaran serius.

"Itu pelanggaran, bukan?" kata asisten wasit. "Terus bermain! Terus bermain," ucap Gillet.

Memasuki babak kedua, tensi pertandingan pun semakin panas, terlebih Brisbane tengah unggul. Alhasil, para pemain Brisbane yang coba mempertahan kedudukan acap kali melakukan pelanggaran.

Seperti ketika salah satu pemain Brisbane coba menghadang pemain Wanderers. Gillet yang melihat itu sontak langsung meniup peluitnya dan memberikan tendangan bebas. 

Akan tetapi, Tobias Mikkelsen, pemain Brisbane, mengulur waktu dengan memainkan bola. Gillet langsung menegurnya dan memberi peringatan bahwa dia bisa saja memberikan kartu kuning dengan mudah kepadanya.

'Toby! Tobias. Hey, apa yang kamu lakukan? Jika itu tendangan bebas mu lari ke arah bola, Jika bukan tendangan bebasmu, menjauh. Toby ini bisa berujung kartu kuning," kata Gillet.

Drama pun dimulai bagi Gillet. Wanderers sempat mencetak gol di babak kedua. Namun, sang asisten wasit merasa itu adalah offside. Pendapat berbeda pun diutarakan oleh Gillet yang mengatakan itu tidak offside karena terdapat pemain Brisbane yang menyentuh bola.

"Jarred, saya merasa itu diluar (offside). Di depan," asisten. "Tunggu, para pemain belakang menyentuh bola, untuk saya," paparnya.

"Dia (bek) mengenai? Jika itu bek, anda tepat," tanya sang asisten. "Dalam pandangan saya, bek berada di depan dia (pencetak gol). Jadi dari pandangan saya, itu umpan kedua (setelah mengenai bek)" terang Gillet kepada rekannya.

Sempat berdiskusi cukup lama. Gillet pun pada akhirnya mengesahkan gol tersebut. Namun, dirinya harus melihat VAR terlebih dahulu sebelum benar-benar mengambil keputusan.

"Jadi kita memberikan gol, dan melihatnya. Keputusannya gol, dan kita akan melihatnya (VAR)."

Perbincangannya dengan petugas VAR pun juga terekam dalam video ini. Diketahui Gillet coba mempertanyakan soal posisi pencetak gol dan meminta untuk melihat dari berbagai sudut.

"Bola datang dari umpan silang dan mengenai kepala bek. Jadi kita akan mengatakan saya pecaya dia aman dan ini semua bersih," ucap orang di VAR

"Anda mau saya datang dan melihatnya sendiri? Saya pikir lebih baik begitu, karena para pemain menunggu," gillet

Pada akhirnya, Gillet pun mengambil keputusan bahwa gol tersebut bukanlah sebuah offside karena sempat mengenai kepala pemain Brisbane. Pertandingan ini sendiri berakhir untuk kemenangan Wanderes 4-1.

Terus Ikuti Update Bola Internasional dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT