In-depth

Flashback Kejayaan Klub-klub Inggris di Eropa 35 tahun Silam: Liverpool Menangis di Laga Puncak

Sabtu, 20 April 2019 17:02 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© LFChistory
Liverpool musim 1984/85 Copyright: © LFChistory
Liverpool musim 1984/85

INDOSPORT. COM - Tim-tim dari tanah Inggris musim 2018/19 ini terbilang bisa berbicara banyak di kompetisi Eropa. Baik ajang Liga Champions, maupun Liga Europa, beberapa wakil Negeri Ratu Elizabeth ada yang masih memiliki peluang untuk juara.

Pada gelaran Liga Champions, dua wakil Inggris berhasil lolos hingga fase semifinal, yakni Liverpool dan Tottenham Hotspur. Keduanya berada di bagan berbeda, sehingga berpeluang bertemu di partai final nanti.

Liverpool lolos setelah menang agregat skor 6-1 dari FC Porto di perempatfinal. Dalam laga semifinal nanti, The Reds sudah ditunggu Barcelona yang sebelumnya mengalahkan wakil Inggris lainnya, Manchester United.

Sementara Tottenham, keberhasilan lolos ke semifinal didapat setelah mampu menundukan sesama tim Inggris, Manchester City. Spurs di partai semifinal nanti akan berjumpa tim kejutan dari Belanda, Ajax Amsterdam, yang sedari babak 16 besar sudah mengalahkan klub besar sekelas Real Madrid dan Juventus.

Kalau dari kompetisi Liga Europa, juga terdapat dua wakil Inggris yang melaju hingga fase semifinal, yaitu Arsenal dan Chelsea. Dua klub asal London itu kebetulan berada di bagan berbeda, dan tentunya berpeluang untuk bertemu di laga puncak.

Arsenal akan berjumpa wakil Spanyol, Valencia, di laga semifinal nanti. Lalu, Chelsea, bakal bersua wakil Jerman, Eintracht Frankfurt, yang di perempatfinal mengalahkan Benfica.

Kisah kejayaan tim-tim dari tanah Inggris di kompetisi sepak bola se-Eropa tersebut ternyata bukan barang baru. 35 tahun silam, atau tepatnya pada 1984/85, kesuksesan serupa pernah terjadi pula. Berikut flashback mengenai kisah tersebut.