Liga Italia

30 Gelar dalam Kariernya, Cristiano Ronaldo Adalah Sang Juara!

Minggu, 21 April 2019 09:53 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Daniele Badolato - Juventus FC / GETTY IMAGES
Setelah Portugal, Inggris, dan Spanyol, kini Cristiano Ronaldo berhasil meraih gelar juara liga domestik di Italia, fantastis. Copyright: © Daniele Badolato - Juventus FC / GETTY IMAGES
Setelah Portugal, Inggris, dan Spanyol, kini Cristiano Ronaldo berhasil meraih gelar juara liga domestik di Italia, fantastis.

INDOSPORT.COM - Juventus juara Serie A Italia 2018/19 dan tentu saja, gelar ini melengkapi perjalanan karier Cristiano Ronaldo yang sudah meraih sebanyak 30 trofi.

Ya, perjalanan karier Cristiano Ronaldo memang sangat indah. Tidak tanggung-tanggung, dia berhasil menjuarai liga domestik sepak bola di empat negara berbeda, termasuk bersama Juventus di Italia.

Tanggal 7 Oktober 2002 silam, pemain yang kini menjadi kapten Timnas Portugal itu memainkan debutnya bersama Sporting CP dan langsung mencetak dua gol sekaligus.

Musim panas 2003, karena penampilan yang gemilang, Cristiano Ronaldo mulai menarik perhatian klub-klub besar sepak bola Eropa.

Arsenal yang saat itu masih diasuh oleh Arsene Wenger sangat tertarik dengan Ronaldo. Namun, pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson menyadari talenta sang pemain dan langsung bergerak cepat.

© Istimewa
Cristiano Ronaldo saat masih di Sporting Lisbon. Copyright: IstimewaCristiano Ronaldo saat masih di Sporting Lisbon.

Agustus 2003 silam setelah pertandingan persahabatan Sporting CP vs Manchester United, Ferguson pun langsung memberi penawaran tinggi untuk seorang pemain yang masih berusia 18 tahun.

Tawaran sebesar 12,24 juta poundsterling atau lebih dari Rp220 miliar untuk Ronaldo dari Manchester United pun langsung diterima oleh Sporting CP.

Sejak saat itu, perjalanan karier yang luar biasa telah dilalui oleh Cristiano Ronaldo hingga kini dirinya berusia 34 tahun. Ronaldo sudah mencatatkan namanya sebagai salah satu legenda sepak bola dunia.

Bahkan, dari data Transfermarkt, Ronaldo tercatat sudah memenangkan sebanyak 30 gelar di semua kompetisi yang pernah diikuti oleh klub yang dia bela.

Berikut INDOSPORT bahas trofi-trofi apa saja yang sudah diraih oleh seorang Cristiano Ronaldo, termasuk gelar Scudetto Serie A Italia bersama Juventus yang dipastikan dini hari tadi. Simak di bawah ini.

Taklukkan Portugal dan Inggris

Piala Super Portugal bersama Sporting CP merupakan permulaan untuk Ronaldo yang setelah musim 2002/2003 pindah ke Manchester United.

Musim perdananya di Old Trafford, Ronaldo pun langsung berhasil mengangkat trofi Piala FA 2003/04, dia bahkan mencetak satu gol dalam kemenangan 3-0 Manchester United atas Millwall di pertandingan final.

Musim 2004/05 mungkin Ronaldo tak mengangkat satu trofi pun. Namun, selang satu musim saja, dia kembali membantu Manchester United mengangkat trofi Piala Liga Inggris 2005/06. Ya, dia kembali cetak satu gol di partai final Piala Liga Inggris musim tersebut.

© metro.co.uk
Cristiano Ronaldo dan Patrice Evra merayakan trofi Liga Primer Inggris musim 2006/07 di ruang ganti di Old Trafford. Copyright: metro.co.ukCristiano Ronaldo dan Patrice Evra merayakan trofi Liga Primer Inggris musim 2006/07 di ruang ganti di Old Trafford.

Trofi Piala Liga Inggris 2005/06 menjadi awalan manis untuk Cristiano Ronaldo yang di musim 2006/07 mampu mengantarkan Manchester United menjadi juara Liga Primer Inggris 2006/07.

Sebelum musim 2007/08, Ronaldo juga berhasil menjuarai Community Shield, menghadapi Chelsea dengan kemenangan yang ditentukan lewat babak adu penalti.

Setelah musim 2006/07 menjuarai Liga Primer Inggris, trofi yang sama berhasil diberikan Ronaldo untuk Manchester United selama dua musim beruntun, musim 2007/08 dan 2008/09.

Bahkan pada tahun 2008 silam, Ronaldo dan Manchester United berhasil menjuarai trofi yang lebih bergengsi, yakni Liga Champions dan sekaligus trofi Piala Dunia Antarklub.

Sebagai juara bertahan Liga Champions 2007/08, Manchester United dan Ronaldo harus gagal usai ditaklukkan oleh Barcelona di partai final kompetisi elite Eropa itu di musim 2008/09.

Terhitung dari satu trofi bersama Sporting CP dan 10 gelar bersama Manchester United, Ronaldo pun memutuskan untuk menerima tawaran dari Real Madrid.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%