Bola Internasional

Jelang Persija vs Ceres-Negros, Bagaimana Nasib Klub Filipina di Indonesia?

Senin, 22 April 2019 15:47 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri
© persijajkt Verified/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ivan Venkov Kolev (Persija Jakarta) vs Risto Vidakovic (Ceres Negros). Copyright: © persijajkt Verified/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ivan Venkov Kolev (Persija Jakarta) vs Risto Vidakovic (Ceres Negros).

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta berkesempatan membalas dendam ke klub Filipina Ceres-Negros di lanjutan pertandingan AFC Cup 2019, Selasa (23/04/19). Namun klub sepak bola Indonesia itu nampaknya tak boleh jemawa dan harus tetap mewaspadai catatan lumayan klub Filipina saat bermain di Indonesia.

Hal itu dikarenakan dalam pertemuan pertama di kandang Ceres-Negros Persija Jakarta harus bertekuk lutut lewat skor tipis 0-1. Dan sebagai tuan rumah besok di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Persija Jakarta tentu memiliki keuntungan dibandingkan Ceres-Negros.

Namun meski akan tampil di hadapan Jakmania yang akan memadati GBK, Persija Jakarta juga tak lantas pantas untuk jemawa. Sebab, jika berkaca pada hasil-hasil pertandingan klub asal Filipina ketika bermain di Indonesia, mereka cukup bisa merepotkan.

Hal itu setidaknnya tercermin dalam dua laga terakhir di AFC Cup 2019 yang meilbatkan pertandingan antara klub Indonesia vs klub Filipina. Di mana tak satupun yang berkahir untuk kekalahan klub negara di utara Indonesia itu.

Kaya FC-Iloilo harus bertandang ke stadion Pakansari Bogor melawan PSM Makassar. Sempat tertinggal lebih dahulu lewat penalti Erro Markkanen, dengan semnagat pantang menyerah, Kaya kemudian bisa menyamakan kedudukan di menit-menit akhir lewat Marvin Angeles untuk memaksa skor berakhir imbang 1-1.

Setahun sebelumnya, hasil lebih hebat juga didapat klub Filipina lainnya Global Cebu. Melawat ke kandang Bali United Stadion I Wayan Dipta di laga AFC Cup 2018, Global Cebu dengan meyakinkan mampu membuat Bali United tak berkutik di skor 3-1.

Kekalahan itu juga yang akhirnya membuat Bali United harus angkat koper lebih dini, dengan status sebagai juru kunci grup G AFC Cup 2018.

Sebelum dua pertandingan tersebut, satu lagi klub Filipina yang pernah menjalani pertandingan di Indonesia adalah F.C. Meralco Manila. Itu terjadi saat klub asal Ibu kota Filipina itu diundang dalam turnamen pra musim Piala Menpora 2013.

Berada dalam turnamen berformat grup itu, F.C. Meralco Manila tak mampu berbuat banyak di Grup B dengan hanya menghuni dasar klasemen. Hasil itu terjadi setelah F.C. Meralco Manila kalah dua kali atas Arema (0-1) dan Mitra Kukar (1-5) dan hanya sekali menant dengan skor 3-1 melawan Persepam Madura United.

Euforia Kemenangan Arema di Final Piala Presiden 2019

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan AFC Cup 2019 Lainnya Hanya di INDOSPORT