Liga Inggris

Leeds United Sebentar Lagi Promosi, Bagaimana Kabar Charlton Athletic?

Senin, 22 April 2019 17:38 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Logo Charlton Athletic. Grafis:Yanto/Indosport.com Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Logo Charlton Athletic. Grafis:Yanto/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Kabar gembira untuk para pecinta sepak bola Inggris, Leeds United akan kembali promosi ke Liga Primer Inggris 2019/20. Namun, bagaimana kabar Charlton Athletic?

Wajar bila para pecinta sepak bola di zaman milenial ini kurang mengetahui Leeds United, bahkan Charlton Athletic. Klub ini hanya sesekali terdengar, itu pun jika memang ada kerusuhan dalam pertandingan mereka.

Akan tetapi, untuk para pecinta sepak bola pada akhir dan awalan tahun 2000-an, Charlton Athletic cukup membekas, sama seperti klub-klub gurem lainnya, misal Leeds United, Blackburn Rovers atau pun Notthingham Forest.

Charlton Athletic merupakan klub langganan yang cukup lama bertahan di Liga Primer Inggris pada awal tahun 2000-an. Kini, mereka hanya bersaing di kasta tertinggi sepak bola Inggris, atau biasa disebut League One.

Ya, Charlton pertama kali bermain di kasta tertinggi sepak bola Inggris saat sudah era Premier League pada musim 1998/99. Mereka sempat terdegradasi ke First Division musim 1999/2000, namun musim selanjutnya kembali promosi.

Sejak promosi kembali pada musim 2000/01, Charlton bertahan di Premier League sejak saat itu, hingga musim 2006/07 silam. Di musim terakhirnya di Premier League, Charlton benar-benar terpuruk.

Charlton Athletic Terus Terpuruk

© Getty Images
Bendera Charlton Athletic Copyright: Getty ImagesBendera Charlton Athletic

Dari 38 pertandingan Premier League musim 2006/07, Charlton hanya mampu menang delapan kali, imbang 10 kali dan kalah sebanyak 20 kali sepanjang musim. Mereka harus puas berakhir di urutan ke-19 klasemen akhir musim 2006/07.

Sejak saat itu, Charlton Athletic pun kesulitan untuk kembali promosi ke Liga Primer Inggris. Mereka bahkan hanya bertahan dua tahun di divisi Championship dan terlempar ke kasta ketiga, yaitu League One.

Musim 2011/12, harapan kembali menyelimuti fans Charlton Athletic saat mereka menjuarai League One dan kembali berlaga di Divisi Championship musim 2012/13.

Sangat disayangkan, Charlton maksimal bertahan di urutan ke-9 klasemen akhir Divisi Championship musim 2012/13. Setelah itu, Charlton terus terpuruk hingga musim 2015/16 mereka degradasi ke League One dan belum pernah promosi lagi.