Bola Internasional

Prestasi PSM Makassar di Kompetisi Asia Jadi Sorotan Media Asing

Senin, 22 April 2019 19:37 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Kiprah PSM Makassar di level Asia Copyright: © INDOSPORT
Kiprah PSM Makassar di level Asia

INDOSPORT.COM – Kiprah wakil Indonesia di kompetisi sepak bola antar klub Asia rupanya tak luput dari sorotan media asing. Kali ini yang menjadi sorotan adalah klub sepak bola Indonesia, PSM Makassar.

Media asal Amerika Serikat, Fox Sports, menyoroti kiprah PSM Makassar yang mampu menembus babak perempatfinal kompetisi antar klub Asia pada tahun 2001 lalu. PSM menjadi klub kedua dari Indonesia yang sukses menembus babak perempatfinal Liga Champions Asia.

Prestasi PSM pada ajang Liga Champions Asia musim 2000/01 memang membanggakan. Tampil di kompetisi antar klub elit Asia sebagai juara Divisi Utama Liga Indonesia 1999/00, PSM berhasil menjaga reputasi Indonesia di kancah Asia.

PSM memulai kiprahnya di Liga Champions Asia 2000/01 dengan mengalahkan wakil Thailand, Royal Thai Air Force pada babak pertama Zona Asia Timur. Dalam laga yang digelar dua leg tersebut, PSM yang saat itu diperkuat pemain-pemain nasional seperti Bima Sakti, Kurniawan Dwi Yulianto, hingga Ortizan Solossa mampu menang atas Royal Thai Air Force dengan skor telak.

Pada pertemuan pertama, Juku Eja mampu melibas wakil Thailand tersebut dengan skor 6-1. Pada pertemuan kedua, PSM yang saat itu dilatih duet Henk Wullems-Syamsuden Umar kembali menang telak dengan skor 5-0.

Kemenangan tersebut membuat PSM lolos ke fase perempat final yang digelar dengan sistem setengah kompetisi.

Bertindak sebagai tuan rumah, PSM harus bersaing dengan klub-klub kuat macam Jubilo Iwata (Jepang), Suwon Bluewings (Korea Selatan), dan Shandong Luneng (China).

Tampil di kandang sendiri Stadion Mattoangin, Makassar, namun PSM gagal bersaing dengan lawan-lawannya. Dari tiga pertandingan, Kurniawan Dwi Yulianto dan kawan-kawan tak sekalipun meraih poin. Akibatnya, PSM harus puas sebagai juru kunci fase grup babak perempatfinal Wilayah Asia Timur.

Meski selalu menelan kekalahan di babak perempatfinal, namun raihan PSM Makassar kala itu merupakan prestasi tertinggi yang pernah dicatatkan wakil Indonesia di kompetisi antar klub Asia.

PSM mengulangi catatan Persib Bandung pada kompetisi Liga Champions Asia tahun 1995. Kala itu, Maung Bandung juga sukses menembus fase grup babak perempatfinal kompetisi antar klub Asia.

Terus Ikuti Berita Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%