In-depth

Stadion di Indonesia yang Memenuhi Regulasi FIFA untuk Menggelar Piala Dunia

Selasa, 23 April 2019 14:01 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© FIFA
Syarat stadion untuk Piala Dunia. Copyright: © FIFA
Syarat stadion untuk Piala Dunia.

INDOSPORT.COM - FIFA secara spesifik mengatur syarat sebuah stadion yang bisa menjadi venue Piala Dunia. Berikut stadion-stadion di Indonesia yang memenuhi syarat untuk gelar Piala Dunia

Pesta sepak bola Piala Dunia FIFA, sudah digelar sejak tahun 1930. Banyak perubahan sudah terjadi di berbagai aspek. 

Regulasi soal stadion, menjadi salah satu hal yang paling mencolok perubahannya. Mulai dari jumlah stadion, kapasitas stadion, hingga berbagai aspek di sekitar venue juga menjadi sorotan FIFA. 

Sejak tahun 2001, FIFA sudah mengeluarkan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi venue Piala Dunia. Pada tahun 2007, FIFA juga mengeluarkan panduan berjudul: Football Stadiums - Technical recommendations and requirements. 

Ada 10 bagian dalam e-book tersebut, mulai dari Pra-konstruksi, Keamanan, Parkir, Lapangan, Area Pemain dan Ofisial, Penonton, Fasilitas Pendukung, Media, Pencahayaan dan Sumber Energi, hingga Arena Komunikasi. 

Namun, kali ini INDOSPORT tidak akan membahas persyaratan-persyaratan tersebut secara lengkap. Yang akan dibahas adalah syarat sebuah stadion menggelar Piala Dunia dari segi kapasitas stadion. 

FIFA punya persyaratan cukup ketat mengenai kapasitas stadion Piala Dunia. Sebuah stadion yang akan menggelar laga fase grup hingga perempatfinal Piala Dunia, minimal kapasitasnya adalah 40.000 penonton. 

Untuk menggelar babak semifinal dan perebutan tempat ketiga, stadion minimal berkapasitas 60.000 penonton. Sedangkan untuk opening ceremony dan pertandingan final, stadion harus memiliki kapasitas 80.000 stadion. 

Peraturan itu ditetapkan tahun 2001, dan dimulai pada Piala Dunia 2002. Selain soal kapasitas, dalam panduan FIFA mengenai penonton, ada beberapa syarat lain. 

Salah satunya adalah "Seluruh penonton harus disediakan kursi, kursi harus kursi tunggal, memiliki bentuk yang aman dan nyaman."

Lebar kursi ditetapkan adalah 45-47 cm sedangkan tinggi sandaran adalah minimal 30 cm. Oleh sebab itu, pada tulisan ini INDOSPORT akan membahas stadion-stadion dengan single seat atau kursi tunggal, dan kapasitasnya memenuhi syarat FIFA. 

Di dalam tulisan ini tidak akan ada nama Stadion Kanjuruhan, Stadion Maguwoharjo, Stadion Si Jalak Harupat, atau stadion lain yang bisa menampung 40.000 penonton namun jumlah single seat-nya tidak sampai 35.000 tempat duduk. 

Berikut ini perkembangan stadion Piala Dunia, dan stadion di Indonesia yang memenuhi persyaratan gelar Piala Dunia. 

IDS Emoticon Suka
Suka
38%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
25%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
13%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
13%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
13%