Liga Indonesia

Profil Klub Liga 1 2019: Tira-Persikabo, Klub ‘Baru’ Bermodal Spirit Prajurit

Jumat, 10 Mei 2019 09:00 WIB
Penulis: Zainal Hasan, Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Indra Citra Sena
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Profil tim PS TIRA-Persikabo Liga 1 2019. Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Profil tim PS TIRA-Persikabo Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Jagat sepak bola Indonesia akan kembali dimeriahkan oleh Liga 1 2019 dalam hitungan kurang dari dua pekan. Sebanyak 18 klub bakal saling sikut memperebutkan tempat terbaik, termasuk Tira-Persikabo.

Tira-Kabo, sebutan pendek Tira-Persikabo, bukanlah klub baru di Liga 1 2019. Mereka tak lain merupakan PS Tira yang melakukan merger dengan Persikabo Kab. Bogor, meski diketahui Persikabo lama tetap eksis di Liga 3.

Sejak muncul di gelaran Piala Jenderal Sudirman 2015 dengan nama PS TNI dan mengakuisisi Persiram Raja Ampat, Tira-Kabo terus berupaya menemukan filosofi permainannya.

Tira-Kabo lantas hadir dengan spirit prajurit yang dibawa ke lapangan hijau. Tubuh kekar dan mental baja tempaan khas militer membawa The Army tetap bertahan di kasta tertinggi selama dua musim terakhir.

Sempat berada di dasar klasemen Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016, mereka berhasil naik ke papan tengah dengan finis menduduki urutan ke-12 di Liga 1 2017.

Semusim berselang, Tira-Kabo selamat dari jurang degradasi. Kemenangan 3-1 atas tuan rumah Borneo FC di pekan terakhir membuat mereka berhasil finis satu strip di atas zona degradasi.

Penampilan lumayan Tira-Kabo dalam beberapa musim terakhir tidak lepas dari kehadiran striker asing berkelas. Musim lalu, mereka memiliki Aleksandar Rakic yang meraih gelar top scorer dengan raihan 21 gol, sedangkan di Liga 1 2017 sempat memiliki Elio Bruno Martins (11 gol). 

Nahas, Rakic memilih hengkang ke Madura United pada Liga 1 2019. Meski begitu, Tira-Kabo yang kini ditangani salah satu pelatih lokal terbaik, Rahmad Darmawan, kedatangan Loris Arnaud.

Mantan pemain Paris Saint-Germain (PSG) ini tampil trengginas bersama Persela Lamongan dengan catatan 15 gol sepanjang musim lalu. Tak mengherankan jika Tira-Kabo langsung bergerak cepat mengamankan tanda tangan striker berusia 32 tahun tersebut.

Arnaud meyakini Tira-Kabo bisa berbicara banyak di Liga 1 2019. Hal itu berkaca pada prestasi timnya yang mampu menembus babak 8 Besar turnamen pramusim bertajuk Piala Presiden 2019.

"Kami sudah siap. Kemarin kami bekerja sangat baik di Piala Presiden 2019. Jadi, saya rasa kami sudah siap untuk menyambut Liga 1 2019," ujar Arnaud ketika berbincang dengan INDOSPORT di Stadion Pakansari, Selasa (16/4/19).

"Di sini banyak pemain bagus. Kami akan membuat perjalanan yang jauh lebih baik. Kami punya pemain lokal, pemain muda, pemain asing. juga banyak pemain berlabel tim nasional Indonesia. Kita lihat saja nanti," katanya lagi.

Berdasarkan draft jadwal susulan yang telah dirilis oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, Tira-Kabo akan melakoni laga perdana melawan Badak Lampung FC di Stadion Pakansari, Sabtu (18/5/19).

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%